5 Manfaat Air Hangat untuk Kulit Wajah

Kezia Prasetya Christvidya05 Jun 2020, 11:35 WIB
air hangat-kezo

Fimela.com, Jakarta Jarang dikehatuhi banyak orang, air hangat tidak hanya bagus untuk tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kulit wajah. Sering dijadikan pembanding, bahwa menggunakan air dingin lebih baik daripada menggunakan air hangat, namun kedua jenis air ini memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit wajah.

Air dingin juga bagus untuk kulit, air hangat juga bermanfaat, tetapi penggunaannya tergantung pada kondisi kulit tertentu. Berikut manfaat air hangat, yang bagus untuk kesehatan kulit, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Mencegah Jerawat

ilustrasi manfaat air hangat untuk kulit jerawat/pexels
ilustrasi manfaat air hangat untuk kulit jerawat/pexels

Manfaat air hangat untuk wajah yang pertama, yaitu bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat, yang membandel di area kulit wajah.

Kulit wajah bisa dikompres dengan air hangat, untuk membantu membuka pori-pori pada kulit wajah, dan membantu kotoran serta bakteri penyebab jerawat menjadi mati.

Dengan mengompres air hangat, akan sangat mudah membersihkan komedo yang menyumbat pada pori-pori, yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

 

Membuat Sirkulasi Darah Lancar

ilustrasi air hangat membuat sirkulasi darah lancar/pexels
ilustrasi air hangat membuat sirkulasi darah lancar/pexels

Air hangat memiliki manfaat untuk kulit wajah, yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, pada bagian area kulit wajah.

Rajin mengompres kulit wajah dengan air hangat, akan membuat bagian pori-pori terbuka, dan saat itu sirkulasi darah akan meningkat.

Jika sirkulasi darah di kulit wajah yang lancar, maka akan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat, membuat kulit lembap serta mencegah penuaan dini pada kulit. 

Menenangkan Kulit Wajah

ilustrasi air hangat bermanfaat menenangkan kulit/pexels
ilustrasi air hangat bermanfaat menenangkan kulit/pexels

Air hangat memiliki manfaat, untuk membantu menenangkan kulit, agar kulit lebih merasakan relaksasi.

Selain merasakan rileks pada kulit, air hangat sangat membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan bisa menghilangkan stres.

Stres bisa membuat masalah tertentu pada kulit, seperti masalah jerawat, sehingga kompreslah wajahmu dengan air hangat agar lebih rileks.

Saat mengompres air hangat di wajah, bisa menambahkan minyak esensial, untuk menambah efek menenangkan pada kulit.

Membantu Skincare Bekerja dengan Baik

ilustrasi manfaat air hangat untuk skincare/pexels
ilustrasi manfaat air hangat untuk skincare/pexels

Setiap perempuan pasti menyibukkan waktunya untuk merawat kulit, dengan produk-produk perawatan kulit. Ternyata air hangat bisa membantu skincare bekerja dengan baik di kulit.

Air hangat bisa membantu proses penyerapan skincare di kulit, karena air hangat bisa menguapi kulit dan membuka pori-pori, sehingga skincare lebih meresap ke kulit dengan baik.

Menurut sebuah penelitian, menguapi kulit dengan air hangat sebelum menggunakan skincare, bisa membuat kulit wajah menjadi lebih lembut.

 

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi air hangat bisa membantu mencegah penuaan dini/pexels
ilustrasi air hangat bisa membantu mencegah penuaan dini/pexels

Manfaat air hangat yang terakhir, bisa membantu mencegah proses penuaan dini, yang sering terjadi pada perempuan mulai usia 25 tahun.

Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus di kulit wajah, timbul noda-noda hitam di kulit akibat paparan sinar matahari, dan juga timbul kantong mata di area mata.

Air hangat bisa membantu kulit untuk memproduksi kolagen dan elastis. Sehingga kulit wajah akan lebih elastis, dan membuat wajah terlihat lebih muda.

Sering menggunakan air hangat, bisa membantu skincare bekerja dengan baik, sehingga skincare dapat dengan cepat menghilangkan penuaan dini pada kulit.

Lanjutkan Membaca ↓