Bahan Dapur yang Bisa Membuat Cantik, Tapi Berbahaya untuk Kulit

Kezia Prasetya Christvidya05 Jun 2020, 13:35 WIB
beauty-kezo

Fimela.com, Jakarta Beberapa bahan dapur bisa digunakan untuk kecantikan, dan biasa digunakan untuk perawatan kulit. Tapi ternyata beberapa bahan dapur justru bisa membahayakan kulit

Sebenarnya bahan-bahan alami yang digunakan untuk merawat kulit, bisa ditemukan di dapur, tapi tidak semuanya bisa digunakan. Walaupun beberapa bahan daput memiliki kandungan, yang bisa mengatasi masalah kulit seperti kulit jerawat, namun bahan dapur tidak boleh terlalu sering digunakan di kulit karena bisa membuat iritasi.

Berikut bahan dapur yang bisa membuat kulit cantik, tapi berbahaya untuk kulit, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Lemon

ilustrasi bahan dapur kecantikna/pexels
ilustrasi bahan dapur kecantikna/pexels

Lemon merupakan bahan dapur yang bisa membuat kulit cantik, tapi berbahaya untuk kulit, karena bisa membuat kulit iritasi.

Lemon adalah bahan dapur, yang dipercaya bisa membantu mencegah penuaan dini, hingga bisa membantu menyembuhkan kulit yang berjerawat.

Namun buah lemon memiliki kandungan asam yang tinggi, kandungan asam pada lemon bisa membuat kulit teriritasi, dan membakar kulit apalagi kulit yang jerawatan cenderung sensitif.

 

Pasta Gigi

ilustrasi bahan dapur untuk kecantikan/pexels
ilustrasi bahan dapur untuk kecantikan/pexels

Pasta gigi sering sekali digunakan untuk bahan perawatan kulit. Bukan membuat kulit menjadi cantik, tapi ternyata pasta gigi bisa membuat kulit terbakar.

Pasta gigi sering dipercaya dapat digunakan, untuk membantu mengatasi jerawat yang membandel dikulit, dengan cara mengoleskan pasta gigi di bagian jerawat.

Tetapi pasta gigi bisa membuat kulit terbakar, lalu kulit menjadi iritasi, dan membuat jerawat menjadi membekas.

 

Baking Soda

ilustrasi bahan makanan untuk kulit/pexels
ilustrasi bahan makanan untuk kulit/pexels

Baking sodamerupakan bahan dapur, yang sering digunakan untuk merawat kulit agar cantik. Namun justru sebaliknya kalau baking soda bisa berbahaya untuk kulit. Baking soda memiliki kandungan zat aktif yang sangat kuat, yang bisa membuat kulit menjadi terbakar, terutama untuk pemilik kulit sensitif. Untuk mendapatkan kulit yang cantik, hindari menggunkan baking soda, agar kulit tidak iritasi.

Cuka

ilustrasi bahan makanan untuk kulit/pexels
ilustrasi bahan makanan untuk kulit/pexels

Cuka adalah bahan makanan, yang dipercaya bisa membantu menjaga kecantikan kulit. Cuka memiliki beberapa jenis seperti cuka dapur atau cuka apel.

Cuka apel terkenal bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, terbebas dari jerawat, dan membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun harus berhati-hati pada saat menggunakan cuka di kulit. Karena kandungan cuka yang terlalu bisa membuat kulit menjadi iritasi, hingga membakar kulit dan menyebabkan kulit menjadi beruntusan.

Garam dan Gula

ilustrasi bahan makanan untuk kecantikan/pexels
ilustrasi bahan makanan untuk kecantikan/pexels

Garam dan gula dipercaya bisa digunakan sebagai scrub, untuk membantu merawat kulit menjadi cantik. Namun ternyata garan dan gula kurang bagus digunakan untuk kulit.

Scrub berhungsi untuk membantu menghaluskan kulit. Namun gula dan garam memiliki tekstur yang tajam, yang bisa membuat kulit menjadi terluka.

Selain membuat kulit mudah terluka, garam dan gula adalah bahan dapur, yang tidak boleh digunakan untuk kulit yang sensitif.

Lanjutkan Membaca ↓