Tips Menggunakan Minyak Pohon Teh untuk Menyehatkan Rambut

Annissa Wulan06 Jul 2020, 18:00 WIB
[Fimela] rambut

Fimela.com, Jakarta Sama halnya dengan minyak esensial lainnya, minyak pohon teh telah digunakan untuk keperluan pengobatan di dunia timur selama ratusan tahun. Minyak pohon teh juga dikenal sebagai minyak melaleuca, yang pada awalnya digunakan oleh orang-orang asli Australia.

Minyak ini diambil dari pohon teh Australia yang berbunga melalui pengukusan. Selain untuk mengatasi masalah kulit, minyak pohon teh juga berkhasiat untuk merawat rambut, seperti dilansir dari purewow.com.

Minyak pohon teh dapat secara alami membantu memerangi bakteri dan jamur. Minyak pohon teh juga dikenal sebagai bahan alami yang kuat dan bagus untuk kulit kepala yang sensitif, karena ketidakseimbangan kulit kepala yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur ringan.

Minyak pohon teh yang dimanfaatkan untuk merawat rambut paling bagus digunakan dalam produk sampo. Ketika membersihkan rambut, kamu juga fokus untuk memijat kulit kepala, selama fase itulah kandungan minyak pohon teh akan bekerja merawat rambut.

 

Tips merawat rambut dengan minyak pohon teh

ilustrasi rambut/unsplash
Tips perawatan rambut menggunakan minyak pohon teh/unsplash

Rutin menggunakan produk sampo yang hanya mengandung 5% minyak pohon teh saja selama 4 minggu dapat mengurangi ketombe secara signifikan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology. Minyak pohon teh tidak hanya membantu membersihkan rambut, namun juga menjaganya tetap kuat dan sehat.

Ketombe akan menyumbat folikel rambut, yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan kulit kepala. Minyak pohon teh akan membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala, serta mencegah penumpukan minyak berlebih, yang pada akhirnya menyeimbangkan kulit kepala dan menyehatkan rambut secara keseluruhan.

Penderita eksim sebaiknya tidak menggunakan minyak pohon teh sama sekali dan karena minyak ini tidak dimaksudkan untuk dicerna dan beracun ketika tertelan, maka jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓