Tips Mengatasi Perbedaan Pendapat Tentang Social Distancing dengan Pasangan

Annissa Wulan18 Jun 2020, 13:30 WIB
pasangan bertengkar

Fimela.com, Jakarta Hubungan dengan pasangan bisa menjadi lebih sulit, terutama ketika pandemi seperti ini. Pemahaman setiap orang tentang social distancing bisa berbeda-beda, termasuk antara kamu dan pasangan.

Lantas, bagaimana mengatasi perbedaan yang terjadi selama pandemi? Dilansir dari self.com, Kamis (18/6/2020), berikut ini adalah beberapa tips mengatasi perbedaan tentang social distancing dengan pasangan, penasaran?

1. Mulailah dengan mengajukan pertanyaan kepada pasangan

Hal terpenting untuk percakapan yang sulit adalah ketersediaan untuk melihat perspektif orang lain. Kamu tidak harus setuju dengan pasangan, namun sangat penting untuk memahami perspektif dari pilihan yang diambil mereka tentang social distancing.

Pasangan mungkin memiliki kebutuhan, kecemasan, pengalaman masa lalu, dan sumber informasi lain yang diandalkan ketika memutuskan sesuatu. Bersikaplah secara terbuka.

2. Berbagi kerentanan

Penting untuk saling membicarakan tentang ketakutan dan kekhawatiranmu dengan pasangan tentang social distancing. Kerentanan semacam ini dapat membantu orang lain, terutama pasangan memiliki empati dan mendengarkanmu dengan lebih baik.

 

 

3. Tidak masalah untuk menghakimi orang lain

Mudah Menyalahkan Orang Lain
Ilustrasi Pertengkaran Credit: pexels.com/VeraArsic

Sikap menghakimi adalah sesuatu hal yang wajar. Namun penting untuk kamu ketahui bahwa pada akhirnya, penghakiman sering menyebabkan menyalahkan orang lain dan tidak kondusif untuk mencapai pemahaman satu sama lain.

4. Miliki percakapan dengan orang-orang terdekat

Percakapan seringkali lebih bekerja jika kamu lakukan dengan orang-orang terdeakat. Biasanya jika kamu bicara dengan orang asing atau yang tidak terlalu dekat, sulit mengasumsikan bahwa isi dari percakapan tersebut adalah rasa cinta dan perhatian untuk mereka.

5. Cari batasan dan ungkapkan dengan jelas

Pasangan bertengkar
Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Ungkapkan perasaanmu dengan jelas, bahwa sebenarnya kamu juga ingin bertemu, namun masih merasa takut dan cemas. Jika kamu masih khawatir untuk jujur, cari alternatif lain untuk mengungkapkan perasaan tersebut.

6. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat mengendalikan perilaku orang lain

Kamu tidak dapat membuat orang lain melakukan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa membagikan pengalamanmu, bisa memahami, namun pada akhirnya tidak mungkin untuk mengubah pandangan atau pendirian orang lain mengenai social distancing.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓