Mengatasi Permasalahan Kulit dengan Khasiat Tomat

Meita Fajriana07 Jul 2020, 16:00 WIB
Manfaat tomat untuk kulit

Fimela.com, Jakarta Menyambut new normal setelah hampir empat bulan berada di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, beberapa dari kamu tentu sudah harus bersiap kembali melakukan aktivitas di luar rumah. Setelah beristirahat, kulit akan kembali terpapar polusi, kotoran, hingga bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan yang digunakan sehari-hari.

Melihat hal ini, diperlukan perawatan khusus dan rutin untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan bersih. Konsistensi dan perawatan rutin terus menerus merupakan salah satu kuncinya. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti buah tomat untuk meminimalisir efek samping pada kulitmu. Bahan alami dapat membantu mengatasi permasalahan kulit tanpa takut terjadi iritasi.

Lantas apa saja manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit? Kamu bisa mulai mencobanya di rumah, dan lihat sendiri seperti apa hasil akhirnya pada kulitmu. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Boldsky, Jumat (26/6/2020). Selamat mencoba sahabat Fimela!

1. Membersihkan pori-pori

Tomat membantu membersihkan pori-pori dan memperbaiki kulit sehingga terlihat lebih sehat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sehingga kulit lebih sehat.

2. Kulit awet muda

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C, yang membantu merangsang produksi kolagen pada kulitmu. Sehingga kekenyalan kulit semakin membaik dan kamu terlihat jauh lebih muda.

 

3. Melindungi dari sinar UV

Manfaat tomat untuk kulit
Intip manfaat tomat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit/copyright shutterstock

Terakhir tomat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan mengatasi kerusakan karenanya. Tomat dapat memaksimalkan fungsi tabir surya yang kamu gunakan sehari-hari. 

 

4. Manfaat saat dipadukan dengan bahan lainnya

Manfaat tomat untuk kulit
Intip manfaat tomat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit/copyright shutterstock

Padukan dengan bahan alami lainnya seperti timun, lemon, air mawar, oatmeal, dan aloe vera sesuai dengan permasalahan kulit yang dirasakan. Terdapat deretan manfaat tomat untuk kecantikan kulit di antaranya untuk mengatasi jerawat dengan jus tomat dan timun, kulit berminyak dengan menggunakan campuran jus tomat dan lemon, untuk tekstur kulit yang rusak bisa menggunakan masker tomat.

Bagi kamu yang menginginkan kulit terlihat lebih cerah, coba campurkan jus tomat dengan air mawar. Sedangkan untuk mengatasi komedo pada kulit gunakan masker tomat, dan bila kamu memiliki masalah pigmentasi kulit seperti flek hitam atasi dengan jus tomat dicampur oatmeal.

Jangan lupa, untuk mengecilkan pori-pori coba perawatan dengan menggunakan jus tomat dan lemon. Kamu juga bisa menyamarkan lingkaran hitam di area mata dengan jus tomat dan aloe vera, serta untuk mengatasi kulit terbakar akibar paparan sinar matahari dengan campuran tomat dan aloe vera. Selamat mencoba!

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓