5 Perawatan Tepat untuk Mencegah Kuku Kering

Vinsensia Dianawanti25 Jun 2020, 13:00 WIB
Cat Kuku yang Mengering

Fimela.com, Jakarta Perawatan tidak hanya sekadar pada wajah dan tubuh. Melainkan juga kuku. Jika tidak dirawat dengan rutin, kuku akan menjadi kering bahkan mengelupas.

Ada banyak faktor hal tersebut bisa terjadi. Seperti faktor kesehatan hingga penggunaan produk yang salah bisa membuat kuku menjadi rapuh dan kering sebagai reaksi kimia tubuh. Meski demikian, perawatan kuku secara rutin menjadi hal penting.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, kamu bisa mencegah kuku menjadi kering, selama melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Melembapkan kuku

Seperti halnya kesehatan kulit, kelembapan kuku juga berkontribusi pada penampilan kuku yang sehat. Kamu bisa aplikasikan body lotion secara rutin hingga ke bagian kuku dan sekitarnya. Pada merek tertentu, tersedia pelembap dan serum yang memang ditujukan untuk memberikan kelembapan di area kuku.

 

2. Istirahat

[Fimela] kuku
Ilustrasi memanjangkana kuku | unsplash.com/@daiga_ellaby

Penggunaan gel kuku secara rutin juga bisa menyebabkan kuku kering dan rapuh. Kuku tidak memiliki waktu untuk bernapas dan merasakan kelembapan alami yang membuatnya menjadi kering. Sehingga disarankan untuk memberi jeda istirahat saat menggunakan gel kuku. Seperti dua minggu sekali/

3. Perawatan sebelum memoles cat kuku

Gunakan perawatann topikal dengan bahan-bahan seperti kalsium, biotin, dan protein sebelum mengaplikasikan kuku. Fungsinya, agar kuku tetap mendapat nutrisi meski dicat maupun diaplikasikan gel. Selain itu, perawatan topikal ini membantu melindungi kuku dan memperbaikinya dari kerusakan.

4. Gunakan penghapus cat kuku bebas aseton

Aseton memang dikenal sebagai bahan penghapus cat kuku yang ampuh. Namun ia membawa efek samping pada kesehatan kuku karena mengeringkan kutikula dan kuku itu sendiri. Sehingga disarankan untuk menggunakan penghapus cat kuku bebas aseton untuk mengurangi dampak kuku yang lebih kering.

5. Pijatan lembut

Saat menggunakan lotion, pastikan kamu memberikannya dengan sepenuh hati melalui pijatan lembut. Pijatan yang lembut merangsang aliran darah dan membantu kuku tumbuh lebih kuat.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓