Kembali Dibuka, Intip 4 Protokol Kesehatan saat New Normal di Klinik Kecantikan

Anisha Saktian Putri01 Jul 2020, 13:30 WIB
YOUTH & BEAUTY CLINIC  menggunakan protokol kesehatan di era new normal. dok. YOUTH & BEAUTY CLINIC

Fimela.com, Jakarta Wabah virus corona memaksa kita untuk menjalani kehidupan new normal. Kebiasaan baru tersebut seperti menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan air dan sabun, hingga menjaga jarak dengan oranglain. Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus.

New Normal tersebut pun menuntut berbagai bisnis untuk berinovasi, agar bisnis saat pandemi seperti saat ini tetap bisa berjalan dengan baik. Bisnis kecantikan dan kesehatan wajah pun menjadi salah satu bisnis yang terdampak, sebab bersentuhan langsung dengan manusia sehingga berpotensi besar dalam penularan virus ini.

Lalu bagaimana klinik kecantikan menjalankan bisnisnya di new normal agar para pengunjung terasa aman dan nyaman? Berikut ulasannya.

1. Mengikuti prosedur standar kebersihan dan kesehatan

Setelah tutup selama dua bulan, Youth & Beauty Clinic, klinik kecantikan yang berlokasi di Kemang Square lantai 1, Jakarta Selatan kembali dibuka pada bulan Juli 2020. Pembukaan kembali tersebut mengikuti prosedur standar kebershian dan kesehatan. Mulai dari menggunakan hand sanitizer saat masuk ke klinik, pengecekan suhu, dan mengisi formulir online tentang kondisitubuh terkini menggunakan scan barcode.

Hal ini dimaksudkan untuk memproteksi diri baik dari pihak pasien dan staff yang bekerja di klinik.

“Kami mengutamakan protokol kesehatan dan keamanan yang menjadi keharusan saat new normal ini.” jelas dr. Gaby Syerly, M.Biomed (AAM), selaku founder dan penanggung jawab Youth & Beauty Clinic dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Serta mensterilkan ruangan dengan sinar UV atau menyemprotkan cairan disinfektan setiap selesai pasien, mengganti cover bedsetiap selesai treatment, beautician selalu menggunakan APD lengkap, dan tidak ketinggalan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala ke seluruh ruangan. Untuk perawatan yangmengeluarkan asap seperti laser yang menggunakan karbon untuk sementara ditiadakan dulu karena memicu resiko penularan covid-19.

YOUTH & BEAUTY CLINIC  menggunakan protokol kesehatan di era new normal. dok. YOUTH & BEAUTY CLINIC
YOUTH & BEAUTY CLINIC menggunakan protokol kesehatan di era new normal. dok. YOUTH & BEAUTY CLINIC

2. Rapid test dan pemberian vitamin C

YOUTH & BEAUTY CLINIC  menggunakan protokol kesehatan di era new normal. dok. YOUTH & BEAUTY CLINIC
YOUTH & BEAUTY CLINIC menggunakan protokol kesehatan di era new normal. dok. YOUTH & BEAUTY CLINIC

Youth & Beauty Clinic juga menyediakan fasilitas rapid test gratis dan suntik vitamin C bagi para pasien.

3. Pembatasan jumlah pasien

dr. Gaby Syerly mengatakan jumlah pasien pun dibatasi. Klinik juga mengatur jadwal pasien dengan memberi jeda waktu, physical distancing di ruang tunggu.

4. Konsultasi online

Apabila tidak berani untuk keluar rumah. para pasien dapat menggunakan jasa konsultasi online dan homevisit, atau treatment di rumah. Tim klinik akan datang dengan standar SOP kesehatan.

"Beberapa menu treatment kami tawarkan untuk tetap sehat dan cantik walau di rumah saja. Salah satunya dengan skincare rutin di rumah. Selain tersedianya layanan baru, Youth & Beauty Clinic juga mengeluarkan produk hand sanitizer yang menggunakan minyak esensial asli, yakni lavender, cinnamon & lemongrass, dan peppermint. Produk ini diharapkan dapat mendukung protokol kesehatandan keamanan. Ada juga jasa periksa kesehatan kulit dan penyakit kelamin oleh spesialis serta vaksin dewasa dan anak di cabang Menteng, Jakarta Pusat yang baru saja dibuka pada Juli 2020," tutup dr. Gaby.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓