9 Langkah Layering Produk Skincare dengan Urutan yang Tepat

Annissa Wulan02 Jul 2020, 16:30 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Selain memilih produk skincare yang tepat, urutanmu dalam mengaplikasikan produk-produk tersebut juga sangat berdampak pada kondisi kulit. Produk skincare harus diaplikasikan dengan urutan yang tepat agar setiap produk memberi manfaat untuk kulit.

Dilansir dari cosmopolitan.com, berikut ini adalah urutan mengaplikasikan produk skincare yang tepat. Penasaran apa kamu sudah melakukannya dengan benar?

1. Pembersih

Menghapus makeup dan mencuci muka dengan produk pembersih adalah langkah penting agar semua produk skincare yang akan kamu kenakan setelahnya dapat menyerap dengan baik.Pilihlah produk pembersih berbasis minyak untuk melarutkan semua kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit.

Jika kamu sedang menggunakan makeup yang tebal, lakukan double cleansing agar kulit benar- benar bersih. Setelah menggunakan produk pembersih berbasis minyak, lanjutkan dengan produk yang lebih lembut.

2. Toner

Toner adalah produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit wajah agar kandungan dalam produk lainnya dapat diserap oleh kulit dengan lebih baik. Jika kulitmu berjerawat, carilah kandungan BHA atau AHA yang tidak akan menyumbat pori-pori, mencegah munculnya jerawat, dan mengatasi masalah komedo.

Jika kulitmu kering, cobalah kandungan AHA yang cair, sedangkan jika kulitmu berminyak, carilah kandungan BHA dalam produk skincare yang berbasis minyak. Yang perlu kamu ingat adalah fungsi toner untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah kamu mencuci dan mengeringkan kulit wajah.

3. Serum

Pada dasarnya, serum adalah tambahan nutrisi, hidrator, dan antioksidan yang sangat terkonsentrasi dan dapat benar-benar dapat meningkatkan kesehatan kulit. Di pagi hari, kamu bisa menggunakan serum vitamin C yang berfungsi melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan yang disebabkan oleh radikan bebas.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk mencerahkan kulit dari waktu ke waktu. Untuk perawatan di malam hari, pilihlah produk skincare yang mengandung asam hialuronat, berfungsi untuk menarik air dari udara ke kulit.

 

 

4. Krim mata

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Krim mata seharusnya memiliki tekstur yang lebih ringan dan tipis daripada produk pelembap wajah, sehingga pastikan kamu mengaplikasikannya sebelum pelembap dan minyak. Aturan praktis dalam mengaplikasikan produk skincare adalah mulai dari tekstur yang paling ringan, baru yang paling berat.

Sebaiknya hindari krim mata yang mengandung retinol. Kandungan retinol lebih baik diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah, bukan hanya di area tertentu saja.

5. Spot treatment

Idealnya, produk skincare untuk spot treatment paling baik diaplikasikan di malam hari. Jika kamu harus menggunakannya di pagi hari, aplikasikan sebelum produk pelembap.

Untuk mengatasi bintik gelap, gunakan produk dengan kandungan hidrokuinon atau niacinamide yang lembut dan dapat mencerahkan kulit. Niacinamide dapat digunakan setiap hari karena cenderung tidak menyebabkan iritasi, namun hidrokuinon harus digunakan secara bertahap, setidaknya setiap 3 hari sekali.

Untuk mengatasi masalah jerawat, carilah kandungan benzoil peroksida dan asam salisilat. Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan asam salisilat dapat melarutkan sel-sel minyak dan kulit mati.

Kandungan apapun yang kamu pilih, cara pengaplikasiannya tetap sama, oleskan tipis-tipis di area yang berjerawat, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, barus gunakan pelembap.

6. Pelembap

Pelembap adalah produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Fungsinya adalah menjaga penghalang kulit dan mengunci produk-produk lain yang sebelumnya diaplikasikan agar lebih efektif.

Untuk pagi hari, carilah produk yang ringan, lembut dan berbasis hialuronat. Untuk malam hari, carilah produk yang mengandung beberapa bahan, seperti asam hialuronat, lipid, dan protein, kemudian lanjutkan dengan retinol.

7. Retinoid

Tips Cantik
Ilustrasi wajah perempuan/copyright shutterstock

Retinoid adalah istilah umum untuk semua turunan vitamin A, termasuk retinol. Fungsinya adalah mempercepat pergantian sel.

Retinoid memicu produksi kolagen dan pengelupasan sel, yang berarti dapat memudarkan bintik gelap, bekas luka, tampilan pori-pori, mencegah munculnya jerawat, dan mencerahkan kulit. Produk skincare ini harus digunakan secara perlahan untuk melihat penyesuaian kulit wajahmu dan mengurangi risiko iritasi. Lewati retinoid jika kamu memiliki kulit sensitif atau sangat sensitif.

8. Minyak

Minyak bersifat oklusif, yang berarti menutup semua bahan dan kelembapan dari semua produk yang telah kamu aplikasikan agar tidak mudah menguap. Minyak dapat dengan mudah menembus produk skincare lainnya, seperti pelembap dan serum, namun tidak ada produk yang dapat menembus minyak.

9. Tabir surya

Tabir surya harus menjadi urutan terakhir saat kamu mengaplikasikan produk skincare. Tabir surya tidak berfungsi untuk menembus permukaan kulit, fungsinya adalah melindungi kulit dari dunia luar.

Carilah produk tabir surya dengan spektrum yang luas untuk mencegah penuaan dini, bekas jerawat yang memburuk, dan peningkatan risiko kanker kulit. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓