Mengetahui Manfaat Menggunakan Cuka Apel sebagai Perawatan Kulit Wajah

Annissa Wulan08 Jul 2020, 16:00 WIB
Tips Cantik

Fimela.com, Jakarta Selain digunakan sebagai perawatan rambut, cuka apel juga dapat membuat kulit wajah lebih bersih, halus, dan sehat. Cuka apel adalah cuka yang berasal dari apel yang telah difermentasi.

Saat apel terpapar ragi, gula di dalamnya diubah menjadi alkohol dan bakteri akan mengubah cairan menjadi asam asetat. Cuka apel kaya akan kandungan protein, enzim, dan asam, termasuk malat, amino, asetat, dan AHA.

Dilansir dari purewow.com, berbagai senyawa di dalam cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan kulit, mencegah jerawat, dan meminimalisir keriput. Ada beberapa cara berbeda untuk mengaplikasikan cuka apel sebagai perawatan kulit wajah.

1. Spot treatment

Sifat antibakteri dan antijamur dari cuka apel memudahkanmu untuk mengatasi masalah jerawat. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan air putih, rendam kapas dalam campuran tersebut, dan aplikasikan di area yang berjerawat. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Toner

Sifat astringen dari cuka apel dapat membantu menjaga kadar pH kulit. Secara khusus, AHA bekerja untuk pengelupasan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit.

Fungsinya adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, meminimalisir garis halus, kerutan, dan memperbaiki pigmentasi. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 gelas air, rendam kapas di dalam campuran tersebut, kemudian aplikasikan ke permukaan wajah.

Kamu juga bisa menaruh campuran ini ke dalam botol semprot, aplikasikan setiap kamu merasa membutuhkannya, diamkan selama beberapa menit, bilas menggunakan air hangat, kemudian gunakan pelembap. Lakukan rutinitas ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik dari cuka apel.

 

3. Pembersih

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Cuka apel sangat baik untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan penumpukan produk. Asam malat di dalam cuka apel berfungi membuka pori-pori dan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan seperempat cangkir air hangat, lalu aplikasikan ke kulit wajah. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas menggunakan air dingin.

4. Masker wajah

Kamu bisa mencampurkan clay mask dengan cuka apel untuk membantu mengencangkan dan membersihkan kulit. Campurkan 2 sendok makan clay mask, 2 sendok makan air, dan 1 sendok makan cuka apel, kemudian aplikasikan ke kulit wajah.

Biarkan selama 5 sampai 10 menit untuk kulit sensitif, atau 15 sampai 30 menit untuk kulit normal sebelum membilasnya menggunakan air dingin, dan menggunakan pelembap. Lakukan setiap 2 minggu sekali.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya lewati penggunaan cuka apel sebagai rutinitas. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓