5 Cara Mencegah Kemerahan pada Kulit Sensitif

Karla Farhana03 Jul 2020, 13:00 WIB
[Fimela] kulit sensitif

Fimela.com, Jakarta Rona dan ruam kemerahan pada kulit sering terjadi. Terutama, ketika kulitmu sangat sensitif. Menimbulkan gangguan pada penampilan dan kesehatan kulit, ruam merah baik pada wajah atau juga kulit di bagian badan sering terjadi pada banyak orang. 

Menurut dr. Dendy Engelman, ahli bedah kulit di Medical Dermatology & Cosmetic Surgery Centers mengatakan kepada Forbes kalau warna dan ruam kemerahan muncul ketika ada  darah mengalir pada permukaan kulit. 

"Kemerahan pada kulit muncul ketika ada vasolidasi pembuluh darah superfisial. Ini merupakan sebuah kondisi ketika darah mengalir ke permukaan kulit," jelasnya. 

Sementara, tambahnya, pelebaran terjadi ketika ada faktor internal dan ekstrernal yang mendorong timbulnya reaksi pada kulit. Misalnya iritasi pada permukaan kulit, perubahan suhu, atau konsumsi alkohol. Namun, ada beberapa kondisi kulit yang memang membutuhkan pengobatan dan tindakan dari dokter ahli.

Kondisi kulit ini antara lain eksim, Rosacea, alergi, dan sebagainya. Namun, kamu bisa mencegah munculnya kemerahan pada kulit dengan berbagai cara, sesuai kasus dan kondisinya masing-masing. 

1. Melembapkan Kulit

ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels
ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels

Iritasi pada kulit kering mudah sekali terjadi. Untuk itu, kamu bisa mencegahnya dengan melembapkan kulit menggunakan skincare khusus kulit kering, atau juga menggunakan shea, cocoa, dan mango butter. 

2. Alergi

Ketika ruam merah muncul sebagai reaksi alergi, kamu harus memeriksakannya ke dokter kulit. Biasanya, kamu akan diberikan antihistamine yang akan membantu mengurangi reaksi alergi tersebut. Namun untuk mencegahnya, kamu harus mengetahui jenis alergi dan pemicunya. Sehingga kamu bisa menghindari pemicu tersebut. 

3. Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, sebaiknya lindungi kulitmu dengan pelembap dan sunscreen. Sehingga polusi dan debu tidak akan langsung menyentuh kulitmu. Selain itu, hindari juga produk-produk perawatan kulit yang dapat menimbulkan iritasi, seperti skincare yang mengandung pewangi dan bahan-bahan hypoallergenic. 

4. Pembersih Berbahan Dasar Minyak

Cobalah untuk menggunakan skincare yang diperuntukkan bagi kulit sensitif. Ganti sabun pencuci wajahmu dengan produk berbahan dasr minyak yang dapat mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran tanpa mengikis kulit. 

5. Ubah Pola Makan

Kulit sehat bukan hanya berkat skincare, tetapi juga perawatan dari dalam. Cobalah untuk hidup lebih sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan pedas termasuk dalam makanan yang harus kamu hindari. Juga konsumsi alkohol dan makanan siap saji. Cobalah untuk lebih banyak minum air putih. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓