Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit

Kezia Prasetya Christvidya07 Jul 2020, 09:35 WIB
masker-kezo

Fimela.com, Jakarta Mentimun merupakan sayuran menyegarkan, yang bisa diolah menjadi makanan, minuman hingga masker wajah. Bagian tengah mentimun memiliki kandungan banyak air, vitamin C dan vitamin A, folat dan asam kafeik.

Mentimun memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi, yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan menyembuhkan berbagai masalah kulit.

Berikut manfaat menggunakan masker mentimun, untuk menjaga kesehatan kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat menggunakan masker mentimun yang pertama, yaitu bisa membantu mengatasi masalah kulit berjerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Karena mentimun merupakan sayuran, yang memiliki sifat anti inflamasi, yang sangat baik untuk membantu menenangkan kulit berjerawat.

Masker mentimun terbuat dari jus mentimun. Cara membuat masker hanya menggunakan ampas dan air perasan jus mentimun, yang langsung diaplikasikan pada kulit wajah.

Mengecilkan Kantong Mata

ilustrasi manfaat masker mata/pixabay
ilustrasi manfaat masker mata/pixabay

Manfaat masker mentimun yang kedua, bisa membantu merawat kulit area mata, terutama membantu mengecilkan kantong mata. Kantong mata yang menggelap, disebabkan karena kulit mengalami proses penuaan dini, bisa juga disebabkan karena terlalu sering begadang.

Mentimun bisa dijadikan solusi menghilangkan kantong mata, dan meredakan kantong mata yang bengkak, serta mencerahkan kulit area mata. Kamu bisa mengiris mentimun dengan tipis, lalu tempelkan mentimun kebagian area mata, dan biarkan semalaman.

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi manfaat masker timun/pixabay
ilustrasi manfaat masker timun/pixabay

Manfaat masker mentimun yang selanjutnya, bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit, agar kulit tampak lebih sehat. Mentimun memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, timbul noda-noda hitam, kulit menjadi kendur dan garis wajah terlihat sangat jelas.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam mentimun, membantu meningkatkan produksi kolagen, yang baik untuk mencegah penuaan dini pada wajah.

Melembapkan Kulit

ilustrasi manfaat masker timun/pixabay
ilustrasi manfaat masker timun/pixabay

Manfaat menggunakan masker mentimun selanjutnya, bisa membantu melembapkan wajah, dan mengatasi masalah kulit kering. Kulit yang kering timbul karena kulit dehidrasi. Timun merupakan sayuran yang memiliki kandungan 90% air, yang bisa membantu melembapkan wajah yang kering.

Kamu bisa membuat masker mentimun, yang dicampur dengan madu atau lidah buaya, yang bisa membuat kulit wajah terasa lebih lembap dan halus.

Menenangkan Kulit

Manfaat masker mentimun yang terakhir, yaitu bisa membantu menenangkan kulit wajah, yang terbakar karena paparan sinar matahari. Masker mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, serta sifat anti inflamasi, yang bisa menenangkan wajah. Rutin menggunakan masker mentimun, bisa membuat wajah lebih cerah, segar dan lembut.

Demikian manfaat rutin menggunakan masker mentimun. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Cantik tidak harus mahal bukan?

Lanjutkan Membaca ↓