Kenali Fakta Tentang Tretinoin untuk Obat Jerawat

Kezia Prasetya Christvidya08 Jul 2020, 16:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Tretinoin merupakan kandungan bahan aktif skincare, yang termasuk asam retinoat atau vitamin A, yang biasa digunakan sebagai obat jerawat. Tretinoin merupakan bahan aktif yang selalu menjadi pilihan utama dokter kulit untuk menangani masalah jerawat, bekas jerawat, serta penuaan dini.

Selain digunakan sebagai obat jerawat, tretinoin juga digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan noda dan mengatasi kerontokan rambut.

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif tretinoin, harus digunakan pada malam hari, karena sangat sensitif terhadap sinar matahari. Berikut fakta tentang trenioid, yang digunakan sebagai obat jerawat, dirangkum dari berbagai sumber:

Mengenal Tentang Tretinoin

ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk obat jerawat/unsplash
ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk obat jerawat/unsplash

Tretinoin merupakan bahan aktif skincare, yang sering digunakan untuk menyembuhkan jerawat, yang sering dijadikan pilihan dokter kulit. Bahan aktif tretinoin bisa mengurangi rasa sakit jerawat, meredakan peradangan pada jerawat, dan bisa membantu pemulihan pada jerawat.

Tretinoin bisa dikombinasikan dengan penggunaan obat antibiotik, yang bisa membantu mengobati peradangan pada jerawat, dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Beberapa orang yang memiliki jerawat meradang, biasanya dianjurkan untuk menambahkan benzoil peroksida, untuk membantu mentoleransi tretinoin di kulit.

 

Cara Menggunakan Tretinoin

ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk mengobati jerawat/pixabay
ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk mengobati jerawat/pixabay

Fakta tentang trenioin yang harus diketahui, yaitu tentang cara penggunaan tretinoin, untuk dijadikan obat jerawat. Penggunaan tretinoin harus digunakan pada malam hari, benzoil peroksida harus digunakan pada pagi hari, dan antibiotik adalah obat orang yang diminum dua kali sehari.

Tretinoin adalah produk yang sangat keras, bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif jika terkena sinar matahari, sehingga harus digunakan pada malam hari. Kemudian untuk menjaga kulit dari matahari, gunakanlah tabir surya pada pagi dan siang hari, serta gunakan toner yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Untuk menyembuhkan jerawat dengan tretinoid, harus menggunakan resep dari dokter kulit, karena tretinoid tidak boleh digunakan sembarangan.

Dosis untuk Menggunakan Tretinoin

ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk jerawat/pixabay
ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk jerawat/pixabay

Fakta tentang tretinoin yang selanjutnya, yaitu harus menggunakan dosis yang benar, untuk menyembuhkan jerawat. Pada awal pemakaian, ambil tretinoin sedikit saja dan gunakan tretinoin tipis-tipis, pada area yang berjerawat sekali sehari saat mau tidur.

Untuk penggunaan jangka panjang, seseorang yang menggunakan tretinoin harus sesuai dengan dokter, maka perlu konsultasi ke dokter sebelum menggunakan tretinoin.

Biasanya setelah satu bulan, penggunakan tretinoin akan dikurangi, dan diganti dengan obat lain yang tidak terlalu kuat untuk mengobati jerawat.

Membantu Membentuk Kolagen

ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk obat jerawat/pixabay
ilustrasi fakta tentang tretinoin untuk obat jerawat/pixabay

Selain digunakan untuk menyembuhkan jerawat, tretinoin juga bisa membantu merangsang pembentuk kolagen, untuk menjaga kulit tetap lembut. Semakin tua, kolagen pada kulit akan berkurang, sehingga kulit akan mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Tanda penuaan dini biasanya timbul saat kulit banyak kerutan, noda-noda hitam, kantong mata menggelap dan kulit menjadi tidak elastis. Tretinoin bisa membantu memperlambat dan mencegah keriput, mencerahkan kulit, dan membantu menjaga kulit tetap lembap serta kenyal.

Membersihkan Pori-pori

ilustrasi fakta tentang tretinoin/pixabay
ilustrasi fakta tentang tretinoin/pixabay

Fakta terakhir tentang tretinoin, yaitu bisa membantu membersihkan pori-pori, dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Kulit berjerawat bisa disebabkan karena banyak hal, seperti pori-pori yang tersumbat, dan wajah yang berminyak.

Tretinoin bisa membantu mengangkat kotoran pada pori-pori, mengangkat sel kulit mati pada kulit, dan meregenerasi kulit.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓