Sebelum Alami Penuaan, 7 Cara Memperbaiki Tekstur Kulit di Usia 40-an

Vinsensia Dianawanti27 Jul 2020, 14:30 WIB
Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 40an, kulit akan mulai mengalami proses penuaan yang ditandai dengan garis halus dan kerutan. Munculnya garis halus dan kerutan ini menyebabkan tekstur kulit wajah menjadi tidak merata.

Jika permasalahan tekstur kulit mudah diperbaiki di usia 20-an, apakah masih memungkinkan untuk memperbaiki tekstur kulit di usia 40-an? Dilansir dari Real Simple pada Sabtu (11/7/2020) ada beberapa tips dari beberapa dermatologis yang bisa membantu memperbaiki tekstur kulit di usia 40-an.

1. Pembersih eksfoliasi

Eksfoliasi fisik membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan tekstur. Carilah eksfoliator yang memiliki partikel lembut sehingga tidak mengganggu lapisan kulit luar.

2. Memilih eksfoliasi kimia

Eksfoliasi kimia memiliki kinerja yang lebih lembut dari eksfoliasi fisik. Ia menciptakan lebih sedikit gesekan dan peradangan serta hasil yang lebih seragam. Dengan kandungan asam yang dimiliki eksfoliasi kimia memungkinkan sel kulit mati untuk luntur ke kapas.

 

3. Gunakan pelembap

ilustrasi penuaan dini/pexels
ilustrasi penuaan dini/pexels

Kulit di usia 40-an membutuhkan kelembapan ekstra karena sangat dimungkinkan untuk terjadi kekeringan pada kulit. Ketika kulit menjadi kering, ia akan mengalami pengelupasan dan menghasilkan tekstur yang kasar. Gunakan pelembap yang mengandung bahan-bahan, seperti niacinamide untuk memperbaiki warna dan tekstur yang lebih rata.

4. Gunakan pelembap tubuh

Tak hanya wajah, tubuh juga membutuhkan kelembapan agar tidak kering. Kamu bisa menggunakan petroleum jelly yang mengandung glisering, asam lemak, dan mikrodoplet. Kandungan ini akan membantu melindungi penghalang kulit.

5. Gunakan retinol

Retinol merupakan bahan turunan dari vitamin A. Ia menjadi kandungan yang kini banyak gandrungi karena mampu memperbaiki penampilan garis halus dan kerutan. Gunakan retinol di malam hari sebelum tidur untuk merangsang pergantian sel dan produksi kolagen.

6. Sunscreen

Akan menjadi percuma ketika kamu melakukan perawatan untuk memperbaiki tekstur kulit, sementara kamu tidak melindunginya. Jangan pernah lupa untuk menggunakan sunscreen agar kulit terhindar dari kulit kusam, garis halus, perubahan tekstur, dan peningkatan risiko kanker kulit. Cari formula sunscreen yang tahan air dan mengandung repairsome DNA yang menjadi enzim alami untuk membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

7. Konsultasi ke dokter

Ini menjadi cara terakhir untuk memastikan produk apa dan perawatan seperti apa yang cocok untuk memperbaiki tekstur kulit di usia 40an. Produk yang diberikan dari dokter biasanya memiliki hasil yang lebih kuat untuk memperbaiki tekstur kulit.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓