Rangkaian Produk Kecantikan yang Mengajak untuk Mencintai Tubuh dan Lautan

Meita Fajriana15 Jul 2020, 08:30 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Merawat tubuh sembari menjaga lingkungan adalah hal yang menakjubkan. Hal ini dilakukan oleh brand Love Beauty and Planet. Setelah diluncurkan di Indonesia tahun lalu, brand kecantikan ini kini menghadirkan rangkaian produk Clean Oceans Edition, dengan kemasan istimewa yang terbuat dari ocean-bound plastic, yaitu hasil daur ulang sampah plastik yang dikumpulkan dari sejumlah pesisir laut.

Sesuai dengan tujuan utama brand untuk senantiasa berkontribusi positif terhadap bumi dan kecantikan, rangkaian ini diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi untuk bantu mengurangi pencemaran lautan. Seiring peluncurannya, Love Beauty and Planet Clean Oceans Edition juga akan mendukung gerakan untuk menciptakan ekosistem laut yang lebih baik dengan menanam 2.000 coral atau terumbu karang di laut Indonesia.

Sampah plastik masih menjadi tantangan yang dihadapi Indonesia dan dunia, terutama yang berakhir di lautan. Di Indonesia, LIPI menyebutkan bahwa sampah di kawasan pesisir Indonesia didominasi oleh plastik yaitu sebanyak 36-38 persen dan menjadi ancaman besar bagi kerusakan ekosistem laut.

Jika tidak diatasi, maka diprediksi limbah sampah plastik di laut secara global dapat meningkat hingga 300 persen dalam rentang waktu 2010 hingga 2050, bahkan jumlahnya dapat melebihi ikan di lautan. Untuk mengatasi masalah ini, semua pihak bisa berperan membuat perubahan, termasuk para pecinta kecantikan sebagai konsumen dari produk-produk personal care.

“Di tengah keresahan terhadap permasalahan sampah plastik yang berakhir di lautan, pecinta kecantikan di berbagai belahan dunia mulai bergerak mempopulerkan tren ‘Blue Beauty’, yaitu sebuah gerakan untuk menggunakan produk personal care yang berkomitmen terhadap kelestarian laut dan ekosistemnya. Tren ini menekankan pentingnya penggunaan bahan alami secara inovatif serta bahan kemasan yang mudah terurai, dapat didaur ulang, atau terbuat dari hasil daur ulang sehingga life cycle-nya tidak mencemari lingkungan laut,” kata Ira Noviarti Beauty and Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk.

Percaya bahwa melakukan perawatan kecantikan diri dapat dilakukan tanpa harus merusak bumi, Unilever mempersembahkan Love Beauty and Planet ‘Clean Oceans Edition’ sebagai produk personal care pertama di Indonesia yang menggunakan ocean-bound plastic, yaitu teknologi kemasan daur ulang dari limbah plastik di pesisir sejalan dengan tren ‘Blue Beauty’ yang sering disebut sebagai ‘the new sustainable beauty movement for 2020’.

Seluruh botol kemasan Love Beauty and Planet ‘Clean Oceans Edition’ juga dapat didaur ulang sehingga mendukung komitmen jangka panjang Unilever untuk membuat 100 persen kemasan plastik yang diproduksi menjadi recyclable, compostable, atau reusable.

 

 

Kandungan garam laut Bali dan aroma mewah Bergamot Italia

Perawatan kecantikan juga peduli dengan kelestarian lautan
Perawatan kecantikan dan peduli dengan kelestarian lautan/ Dok. Love Beauty and Planet

Yang tak kalah spesial, Love Beauty and Planet “Clean Oceans Edition” dilengkapi dengan wewangian dan bahan alami yang juga terinspirasi dari samudera. Mengandung Natural Balinese Sea Salt, garam laut yang kaya mineral alami dari laut Bali untuk membersihkan secara menyeluruh, mendetoksifikasi kulit kepala, dan mengeksfoliasi kulit agar senantiasa terasa lembut. Serta aroma mewah Italian Bergamot, yang diekstrak secara alami dari tumbuhan Bergamot di Italia, untuk memberikan keharuman menyegarkan sepanjang hari.

Love Beauty and Planet “Clean Oceans Edition” hadir dalam tiga rangkaian produk yaitu “Deep Restore” Shampoo untuk mendetoksifikasi rambut dan kulit kepala hingga menjadi lebih sehat. Kemudian “Marine Softness” Body Wash yang membantu mengeksfoliasi kulit agar senantiasa terasa lembut. Terakhir “Energizing Wave” Body Lotion bantu memberikan kesegaran pada kulit sepanjang hari.

Semua produk Love Beauty and Planet “Clean Oceans Edition” diformulasikan tanpa sulfat, paraben, silikon, maupun pewarna buatan, sehingga selain ramah lingkungan, juga lebih ramah bagi kulit sensitif. Seperti rangkaian produk lainnya, seluruh rangkaian “Clean Oceans Edition” juga memiliki sertifikasi vegan and cruelty free dari PETA, serta Halal dari MUI.

Program menjaga laut

Perawatan kecantikan dan peduli dengan kelestarian lautan/ Dok. Love Beauty and Planet
Perawatan kecantikan dan peduli dengan kelestarian lautan/ Dok. Love Beauty and Planet

Love Beauty and Planet senantiasa mengusung campaign #SmallActsofLove untuk mengajak pecinta kecantikan mulai lebih peduli terhadap kelestarian bumi melalui hal-hal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari. Oleh karena itu, Love Beauty and Planet bekerja sama dengan Yayasan Carbon Ethics Indonesia akan mengonversikan penjualan “Clean Oceans Edition” menjadi bentuk donasi untuk menanam 2.000 coral baru di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan salah satu Asean Heritage Parks, yaitu penghargaan tertinggi terhadap kawasan konservasi di Asia Tenggara yang patut dilindungi karena keberagaman hayati dan ekosistemnya.

“Coral, atau terumbu karang, memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan di bumi. Selain merupakan penunjang 25 persen kehidupan laut baik sebagai habitat dan sumber makanan biota laut lainnya, terumbu karang juga mempunyai peran penting untuk melindungi masyarakat pesisir dari terjangan ombak dan mengurangi tingkat pemanasan global karena memiliki kemampuan untuk menyerap karbondioksida. Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik inisiatif Love Beauty and Planet, sebagai bagian dari industri kecantikan, untuk mendukung konservasi terumbu karang demi terciptanya bumi Indonesia yang lebih baik,” kata Agung Bimo Listyanu Co-Founder Yayasan Carbon Ethics Indonesia.

Jadi dengan menggunakan Love Beauty and Planet “Clean Oceans Edition”, kamu bisa melakukan #SmallactsofLove, yaitu merawat diri sambil memberikan kontribusi nyata bagi ekosistem laut Indonesia yang lebih bersih dan terjaga keseimbangannya. Bagaimana sahabat Fimela, tertarik untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan laut?

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓