4 Masker Wajah yang Cocok untuk Jenis Kulit Berminyak

Imelda Rahma09 Jul 2020, 13:15 WIB
Masker

Fimela.com, Jakarta Masker wajah kini sudah beraneka ragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Baik untuk kulit wajah yang cenderung kering, lembap, ataupun berminyak, maskernya harus berbeda sesuai dengan kebutuhan. Hal ini perlu diperhatikan agar manfaat masker wajah bisa dioptimalkan dan masalah kulit wajah juga bisa teratasi secara tepat.

Khusus untuk masalah wajah berminyak, maskernya tidak boleh sembarangan karena masalah kelebihan minyak pada kulit wajah dapat menyebabkan beberapa gangguan kulit seperti jerawat. Perlu kandungan khusus pada masker yang akan dipakai di wajah. Kandungan tersebut bisa didapatkan secara proses kimiawi maupun alami yang berasal dari kandungan buah.

Ada berbagai macam buah yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar masker dan beberapa dari buah tersebut kandungannya cocok untuk kulit berminyak. Tentu saja yang dibutuhkan oleh jenis kulit berminyak adalah khasiat yang dapat meminimalisir produksi minyak itu sendiri. Kondisi wajah yang berminyak akan membuat perempuan jadi tidak percaya diri dan insecure dengan tampilan wajahnya.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 masker wajah yang cocok untuk jenis kulit berminyak. Buat kamu yang punya masalah kulit berminyak bisa melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

Masker Mentimun

Masker Mentimun
Ilustrasi Masker Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Masker wajah yang cocok untuk kulit berminyak ialah masker mentimun. Dalam mentimun, terkandung 90% air yang mana kandungan ini dapat mencegah kelenjar sebaceous yang terlalu aktif dalam memproduksi minyak. Oleh karena itu, tidak heran jika kandungannya mampu membantu kulit untuk mengatur produksi minyaknya sendiri.

Manfaatnya tidak berhenti sampai disitu saja, masker mentimun juga mampu mengatasi masalah kulit berjerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Karena mentimun merupakan sayuran, yang memiliki sifat anti inflamasi, yang sangat baik untuk membantu menenangkan kulit berjerawat.

Masker Alpukat

Masker Alpukat
Ilustrasi Masker Alpukat Credit: pexels.com/pixabay

Kedua, masker wajah yang cocok untuk jenis kulit berminyak ialah masker yang berasal dari buah alpukat. Kandungan pada buah alpukat ini ternyata efektif mengurangi produksi minyak pada wajah, karena di dalam alpukat mengandung asam lemak yang menyehatkan kulit.

Manfaat kandungan ini juga akan semakin baik jika masker alpukat juga dilarutkan bersama putih telur dan air perasan lemon. Alpukat sebagai penyeimbang produksi minyak, lemon sebagai astringen alami, dan putih telur yang akan menutrisi kulit wajah. Ketiga perpaduan manfaat ini pastinya menjadi solusi andalan untuk kamu yang ingin menghilangkan kelebihan minyak pada wajah sekaligus membuat kulit wajah terawat.

Masker Kulit Jeruk

Masker Kulit Jeruk
Ilustrasi Masker Jeruk Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, masker wajah yang cocok untuk jenis kulit berminyak ialah masker kulit jeruk. Masker kulit jeruk mengandung asam sitrat yang memiliki sifat astringen membantu mengendalikan produksi minyak berlebih sementara sifat pelembab jeruk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan kenyal.

Tidak hanya itu, masker kulit jeruk juga mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk adalah antioksidan kuat yang mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mempercepat penuaan kulit dan membuat tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan lebih menonjol.

Masker Pisang

Masker Pisang
Ilustrasi Masker Pisang Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, masker wajah yang cocok untuk jenis kulit berminyak ialah masker yang berbahan dasar pisang. Menurut berbagai penelitian menyebutkan bahwa pisang mengandung seng dan vitamin C yang dapat membantu mengontrol minyak alami pada kulit wajah. Oleh sebab itu, pisang cocok digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak.

Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin E yang juga berguna untuk perawatan kulit wajah. Vitamin E sering digunakan untuk membantu menghilangkan bintik-bintik gelap atau bekas luka. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif lingkungan.

Lanjutkan Membaca ↓