7 Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof Tanpa Membuat Mata Iritasi

Vinsensia Dianawanti27 Jul 2020, 14:00 WIB
Ilustrasi maskara.

Fimela.com, Jakarta Maskara waterproof memang akan mmberi penampilan yang tahan lama pada bulu mata. Ia mampu membuat bulu mata lentik sepanjang hari meski terkena air dan keringat.

Namun mengingat formulanya yang tahan air, sepertinya kamu perlu usaha lebih untuk menghapusnya. Seperti dengan menggosok lebih keras yang membuat mata menjadi perih dan iritasi. Sementara jika tidak digosok akan meninggalkan residu maskara di bawah garis bulu mata.

Dilansir dari Boldsky pada Senin (13/7/2020) kamu bisa menghapus maskara waterproof dengan cara yang lembut. Sehingga matamu tidak iritasi dan kemerahan.

1. Oleskan maskara biasa

Jangan langsung aplikasikan maskara waterproof. Melainkan aplikasikan dengan maskara biasa sebagai dasar. Ia akan bertindan sebagai penyangga antara bulu mata dengan maskara yang berformula tahan air. Dengan cara ini membuat proses penghapusan maskara lebih mudah karena hanya perlu melarutkan lapisan terluar.

2. Pembersih berbasis minyak

Cari pembersih berbasis minyak yang dibuat khusus untuk makeup tahan air. Karena maskara tahan air memiliki silikon di dalamnya, sehingga kamu harus menggunakan pembersih minyak untuk melarutkan bahan tahan air tersebut. Bagi kamu yang memiliki mata kering atau sensitif, bisa menggunakan balsem pembersih atau micellar water untuk menghilangkan maskara tahan air.

 

3. Gunakan cotton pad

Maskara
Ilustrasi maskara/copyright shutterstock

Cotton pad menjadi pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan maskara tahan air setiap hari. Tidak hanya ramah lingkungan, cotton pad tidak akan meninggalkan serat kapas yang mengganggu bulu mata.

4. Merendam kapas di larutan pembersih

Untuk membersihkan maskara tahan air, kamu harus bersabar. Sehingga ketika ingin mendapatkan hasil yang benar-benar bersih, kamu bisa mulai dengan merendam kapas dalam larutan pembersih. Kemudian letakan kapas pada mata selama minimal 15-20 detik untuk melarutkan sebagian maskara. Gesek dengan lembut menggunakan gerakan maju mundur sembari menutup mata.

5. Bersihkan sisanya

Jika kamu masih ada residu minyak atau maskara, bisa menggunakan pembersih lain untuk mengangkat sisa kotoran dan makeup yang menempel. Kemudian bilas dengan air hangat untuk merontokkan sisa minyak.

6. Aplikasikan pelembap

Akhiri rutinitas pembersihan maskara dengan mengaplikasikan pelembap dan krim mata. Sehingga kulit di sekitar mata tetap mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan.

7. Aplikasikan serum

Untuk memberi perhatian bulu mata, cobalah tambahkan serum bulu mata. Sapukan sepanjang garis bulu mata setelah pembersihan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓