Kenali Kandungan Benzolac yang Ampuh Menyembuhkan Jerawat

Kezia Prasetya Christvidya09 Jul 2020, 18:45 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Benzolac merupakan obat yang berbentuk gel, yang memiliki kandungan benzoyl peroxide atau benzoil peroksida, yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Benzolac bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Benzolac juga bisa membantu pertumbuhan sel kulit baru, membantu menyamarkan bekas jerawat, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Berikut kandungan benzolac, yang ampuh menyembuhkan jerawat, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Kandungan Benzolac

Di negara Indonesia terdapat tiga jenis benzolac yaitu benzolac 2½, benzolac 5, dan benzolac cl yang bisa membantu menyembuhkan jerawat.

  • Benzolac 2½ memiliki kandungan benzoyl peroxide, dengan konsentrasi sebanyak 2,5% sebagai bahan tunggal, yang bisa membantu mengeringkan jerawat.
  • Benzolac 5 memiliki kandungan benzoyl peroxide, yang memiliki konsentrasi sebanyak 5% sebagai bahan tunggal, yang juga bisa membantu menyembuhkan jerawat.
  • Sedangkan benzolac cl, memiliki kandungan benzoyl peroxide dengan konsentrasi 5%, dan memiliki kandungan antibiotik clindamycin dengan konsentrasi 1,2%.

Dosis dan Aturan Pakai

ilustrasi kandungan benzolac untuk menyembuhkan jerawat/pixabay
ilustrasi kandungan benzolac untuk menyembuhkan jerawat/pixabay

Dosis benzolac ditentukan berdasarkan usia pengguna, kondisi kesehatan, dan harus sesuai dengan resep dokter. Benzolac 2½ dan benzolac 5, dikhususkan untuk pasien dewasa, dan hanya boleh digunakan untuk anak-anak usia di atas 12 tahun.

Sahabat Fimela bisa mengoleskan gel yang mengandung 2,5-5% benzoyl peroxide, kurang lebih 1 hingga 2 kali sehari, pada kulit yang berjerawat saja. Sedangkan benzolac cl hanya digunakan untuk pasien dewasa saja, dan harus dioleskan secara tipis pada kulit yang berjerawat, kurang lebih 2 kali sehari.

Jangka waktu penggunaan benzolac dapat ditentukan berdasarkan kondisi jerawat. Obat benzolac biasanya akan terlihat bekerja setelah pemakaian selama 4 minggu, dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Efek Samping

Benzolac sangat bagus digunakan untuk menyembuhkan jerawat, namun harus diaplikasikan secara tipis-tipis, dan dalam pengawasan dokter. Kandungan benzoyl peroxide dan clindamycin yang terkandung dalam benzolac, dapat menimbulkan beberapa efek samping, karena kandungan ini sangat keras di kulit.

Benzolac bisa memberikan efek samping seperti kulit kering, kulit mengelupas, kulit berminyak dan pusing hingga menyebabkan diare.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓