Tips Kecantikan yang Harus Dihindari agar Kulit Tidak Rusak

Kezia Prasetya Christvidya11 Jul 2020, 10:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Memiliki masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit kering dan berminyak bisa membuat seorang perempuan menjadi minder. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, banyak sekali tips kecantikan yang bisa dilakukan. Namun tidak semua tips kecantikan bisa membantu mengurangi masalah kulit.

Sahabat Fimela bisa mencoba berbagai macam cara, dan mencoba beberapa tips kecantikan yang ada, namun harus disesuaikan dengan kondisi kulit pribadi. Berikut tips kecantikan yang harus dihindari, agar kulit tidak rusak, dirangkum dari berbagai sumber:

Tidak Menggunakan Pelembap

Tips kecantikan yang bisa membuat kulit rusak, yaitu tidak menggunakan pelembap, pada kulit yang berminyak cenderung berjerawat. Ada tips yang menganjurkan untuk tidak menggunakan pelembap, karena pelembap dianggap bisa membuat kulit berminyak, menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Seharusnya kulit yang berminyak cenderung berjerawat, harus tetap menggunakan pelembap, untuk membantu melembapkan kulit dan menenangkan kulit yang mengalami peradangan.

Terlalu Banyak Menggunakan Skincare

ilustrasi tips kecantikan yang bisa merusak kulit/unsplash
ilustrasi tips kecantikan yang bisa merusak kulit/unsplash

Tips kecantikan yang bisa membuat kulit menjadi rusak, yaitu menggunakan terlalu banyak produk, yang belum tentu kandungannya cocok dengan kulit atau produk lainnya.

Menggunakan terlalu banyak produk, bisa membuat kulit menjadi bingung, karena harus beradaptasi dengan kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Untuk itu, gunakan produk perawatan kulit, sesuai dengan kebutuhan kulit.

Kenali juga kandungan produk tersebut, gunakan kandungan yang sesuai dengan masalah jenis kulit, agar kulit tidak rusak.

Terlalu Banyak Menggunakan Kandungan Asam

ilustrasi tips kecantikan yang bisa merusak kulit/unsplash
ilustrasi tips kecantikan yang bisa merusak kulit/unsplash

Menggunakan bahan aktif di kulit, bisa membuat kulit menjadi rusak. Karena bahan aktif pada produk kecantikan sangatlah keras. Walaupun bahan aktif seperti asam sangat baik untuk kulit, namun penggunaannya harus sesai dengan dosis, agar tidak merusak kulit.

Beberapa ahli juga menyarankan, penggunaan produk kecantikan yang memiliki kandungan asam, atau retinoid harus digunakan tipis-tipis.

Menggunakan Bahan Dapur

Tips kecantikan yang sering ditemui selanjutnya, yaitu mengatasi masalah kulit dengan bahan dapur, sebenarnya bisa merusak kulit. Beberapa tips kecantikan menganjurkan untuk menggunakan baking soda, jeruk lemon, pasta gigi dan cuka untuk membantu menyembuhkan masalah kulit.

Namun bahan dapur tersebut kurang bagus digunakan untuk mengatasi masalah kulit, karena bisa menyebabkan iritasi, ruam kulit dan kulit mengelupas.

Menggunakan Tabir Surya Terlalu Sedikit

ilustrasi tips kecantikan yang bisa membuat kulit rusak/pixabay
ilustrasi tips kecantikan yang bisa membuat kulit rusak/pixabay

Tips kecantikan yang bisa membuat kulit rusak yang terakhir, yaitu menggunakan tabir surya terlalu sedikit. Padahal tabir surya sangat penting untuk kulit. Beberapa orang percaya, tabir surya bisa membuat kulit berminyak, dan cukup di aplikasikan sekali ke wajah agar riasan tidak rusak.

Namun seharusnya tabir surya harus diulangi pemakaiannya minimal 3 jam sekali, agar kulit tidak rusak terbakar matahari, dan gunakan tabir surya yang memiliki kandungan yang cocok dengan kulit wajahmu.

Menjaga kesehatan kulit wajah sangat penting jadi jangan sampai salah dalam perwatan ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓