3 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

Imelda Rahma12 Jul 2020, 09:45 WIB
Bekas Luka

Fimela.com, Jakarta Bekas luka dikulit pasti membuat orang menjadi tidak percaya diri, apalagi jika bekas luka tersebut ada pada daerah tubuh yang mudah terlihat. Bekas luka membuat kulit tidak kelihatan mulus dan pastinya akan mengganggu pandangan. Inilah sebabnya banyak orang mengeluhkan bekas luka agar bisa hilang atau setidaknya memudar.

Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya bekas luka, bisa karena penyakit, kecelakaan, dan proses perubahan yang terjadi pada tubuh. Misalnya ketika kamu jatuh dari kendaraan, pasti akan ada luka yang bekasnya sangat terlihat. Bekas luka bisa terjadi karena kamu baru saja mengalami cacar air dan tidak sengaja menyentuhnya sehingga menimbulkan luka dan bekas.

Sementara itu, menghilangkan bekas luka dan memudarkannya membutuhkan usaha dan waktu yang cukup lama. Namun dalam hal ini bukan berarti tidak bisa. Tentunya jika kamu ingin memudarkan bekas luka, ada perawatan atau tindakan rutin yang perlu kamu lakukan.

Nah, untuk itu, Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 3 cara mudah menghilangkan bekas luka di kulit. Ulasan ini membuatmu tidak perlu risau lagi ketika ingin menghilangkan bekas luka di kulit yang cukup mengganggu. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menggunakan Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Menggunakan Jeruk Nipis dan Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/pixabay

Cara mudah menghilangkan bekas luka di kulit yang pertama ialah dengan menggunakan bahan alami yakni, lidah buaya dan jeruk nipis. Perlu diketahui bahwa didalam jeruk nipis terdapat kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan lidah buaya sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu membelah jeruk nipi menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada kulit yang ada bekas luka secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selanjutnya lidah buaya, lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Oleh karena itu juga cocok untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

Cara meramu lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka di kulit juga mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengambil gel lidah buaya yang ada dibagian tengahnya. Oleskan secara merata pada bekas luka. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun

Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, bekas luka bisa kamu hilangkan dengan menggunakan madu dan minyak zaitun. Kedua bahan alami ini memag tidak perlu dipertanyakan lagi khasiatnya karena banyak dipakai sebagai bahan campuran kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Madu yang kaya anti-oksidan mampu membantu memudarkan bekas luka sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka juga sangat praktis. Kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada bekas luka yang ada pada kulit. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka karena memiliki kandungan zat linoleic acid di dalamnya. Apalagi minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Sama seperti madu, kamu hanya perlu mengoleskan campuran madu dan minyak zaitun pada bekas luka. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lanjutkan Membaca ↓