Tips Perawatan Tubuh untuk Mencegah Stres

Kezia Prasetya Christvidya13 Jul 2020, 16:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Selama adanya pandemi dan di era new normal ini, kita diharuskan untuk selalu dirumah saja hingga waktu yang tidak ditentukan. Pergi ke salon pun harus dibatasi untuk mencegah penularan virus corona.

Banyak hal yang harus dilakukan di rumah termasuk perkerjaan kantor, tugas sekolah maupun perkuliahan, yang bisa membuat seseorang menjadi lebih stres. Dengan adanya pandemi bisa menyebabkan shock culture yang menjadikan stres meningkat. Stres bisa membuat kulit menjadi rusak, timbul jerawat hingga kulit kering pecah-pecah.

Agar stres tidak berlebihan, yuk simak tips untuk perawatan tubuh untuk mencegah stres di rumah saja, dilansir dari berbagai sumber:

Perawatan Wajah dengan Masker Wajah

ilustrasi tips perawatan kulit untuk menghilangkan stres/pixabay
ilustrasi tips perawatan kulit untuk menghilangkan stres/pixabay

Tips perawatan yang pertama untuk mencegah stres, yaitu merawat kulit wajah, karena wajah adalah bagian terpenting yang mudah terkena dampak dari stres. Kulit wajah harus dirawat dengan menggunakan masker alami. Penggunaan masker wajah rutin digunakan 3 kali seminggu, untuk memperbaiki dan merawat kulit wajah.

Masker wajah juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan wajah, mencerahkan wajah, menunda penuaan dini dan menghilangkan stres. Masker wajah saat ini mudah di temukan dan mudah untuk dibuat. Banyak toko yang menjual masker wajah, mulai dari masker bubuk hingga masker sheetmask langsung pakai.

Beberapa masker juga ada yang terbuat dari bahan alami. Kamu juga bisa menggunakan bahan di dapur untuk dijadikan masker, seperti menggunakan madu dan tomat. Campurkan beberapa bahan seperti madu dan tomat, lalu beri sedikit air dan blender hingga halus, kemudian aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Selain menggunakan masker, kulit wajah juga harus dirawat menggunakan produk perawatan kulit dan tabir surya. Penggunaan tabir surya bisa membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Perawatan Tubuh dengan Lotion hingga Luluran

ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash
ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash

Sering di rumah aja, bisa membuat pikiran stres. Pikiran stres bisa memicu kulit menjadi derhidrasi dan kering. Tips perawatan tubuh bisa menggunakan lotion, yang sudah memiliki kandungan SPF, untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari.

Gunakan lotion pada siang hari, dan gunakan sebelum tidur, untuk menjaga kelembapan kulit tubuh. Untuk mengurangi stres, juga bisa merawat tubuh dengan rutin melakukan luluran. Karena luluran merupakan perawatan tubuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Luluran dapat dilakukan seminggu 1 kali. Lulur bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Selain itu aroma lulur juga bisa menenangkan pikiran yang stres.

Merendam Kaki dengan Garam

ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash
ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash

Kaki merupakan bagian tubuh yang harus diperhatikan. Kulit yang terdapat pada telapak kaki, dapat menjadi kering dan pecah-pecah karena stres dan dehidrasi. Langkah mudah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan stres, yaitu dengan merendam kaki dengan air hangat, yang dicampurkan dengan garam.

Hal ini dapat membuat kulit kaki menjadi lebih segar dan lebih relaks. Sahabat Fimela juga bisa melakukan eksfoliasi, untuk mengangkat sel kulit mati pada kaki dengan produk yang mengandung scrub.

Perawatan Rambut Alami

ilustrasi tips perawatan tubuh untuk mencegah stres/unsplash
ilustrasi tips perawatan tubuh untuk mencegah stres/unsplash

Selain merawat kulit, Sahabat Fimela juga harus melakukan perawatan rambut, untuk membantu menghilangkan stres. Rambut merupakan mahkota bagi perempuan, perawatannya pun tidak boleh dilewatkan. Gunakan masker rambut setiap seminggu 1 kali.

Gunakan tanaman lidah buaya, untuk membuat masker rambut yang murah,dan menghilangkan stres. Cukup gunakan 1 hingga 2 buah lidah buaya, ambil lendir yang terdapat pada lidah buaya, lalu aplikasikan di rambut sebelum keramas.

Lidah buaya memiliki manfaat untuk merawat rambut seperti kerusakan karna rontok, rambut kering, menebalkan rambut dan membuat rambut tampak berkilau.

Perawatan Kuku Cantik

ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash
ilustrasi tips perawatan tubuh untuk menghilangkan stres/unsplash

Tips perawatan yang terakhir, yaitu merawat bagian kuku, yang bisa membantu menghilangkan stres. Bagian yang sering terlupakan adalah bagian kuku. Pikiran yang stres bisa membuat kuku menjadi pecah-pecah, dan muncul titik putih pada kuku.

Langkah awal untuk merawat bagian kuku adalah gunakan sabun saat membersihkan kuku. Potong kuku untuk menghindari bakteri, lalu oleskan pelembap seperti minyak zaitun ataupun krim khusus untuk kuku.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓