Ramuan Bahan Alami untuk Mencegah Penuaan Dini

Kezia Prasetya Christvidya13 Jul 2020, 18:35 WIB
masker-kezo

Fimela.com, Jakarta Penuaan dini sering sekali muncul pada usia 30an. Hal ini bisa menyebabkan tingkat keercayaan diri seseorang menurun, karena munculnya penuaan dini di kulit. Penuaan dini bisa muncul akibat gaya hidup tidak sehat, polusi, paparan sinar matahari dan pola makan tidak seimbang.

Berbagai perawatan kulit bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya penuaan dini, seperti menggunakan produk-produk perawatan kulit, hingga menggunakan masker kulit yg terbuat dari bahan alami.

Masker yang terbuat dari bahan-bahan alami ini, Bisa menggunakan bahan-bahan yg ada di rumah, dan harganya tentu saja lebih ekonomis. Berikut ramuan bahan alami untuk membuat masker, yang bisa membantu mencegah penuaan dini, dilansir dari berbagai sumber:

Masker Alpukat

ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/unsplash
ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/unsplash

Ramuan bahan alami yang pertama, yaitu masker alami yang terbuat dari alpukat, yang bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Alpukat memiliki kandungan antioksidan seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang bisa membantu mencegah radikal bebas yg merusak kulit.

Kandungan yg terdapat di dalsm alpukat,bisa membantu meningkatkan kadar air, dan menjaga elastisitas kulit agar tidak mudah mengalami penuaan dini. Untuk membuat ramuan bahan alami dari alpukat, caranya dengan menghaluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk, dan tambahkan 1 sendok oats ke dalamnya.

Setelah itu oleskan masker ke wajah dan diamkan 10 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Gunakan masker wajah sekitar 2-3 kali seminggu.

Masker Pisang

ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/unsplash
ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/unsplash

Ramuan bahan alami yang selanjutnya, yaitu masker wahah menggunakan buah pisang, yang bisa membantu mencegah penuaan dini Pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menyamarkan noda hitam, menghilangkan kerutan dan garis halus di wajah, yang merupakan tanda-tanda penuaan dini.

Pisang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin e, yang sangat baik untuk mncrgah penuaan dini, dan membantu melembapkan kulit wajah. Cara membuat masker dengan ramuan bahan alami pisang sangatlah mudah. Hancurkan pisang secukupnya dengan tambahan 1 sendok air mawar. Lalu aplikasikan di wajah dan biarkan mengering selama 15 hingga 30 menit.

Masker Air Beras

ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/pixabay
ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/pixabay

Masker air beras merupakan ramuan bahan alami yg selanjutnya, yang bisa membantu merawat kulit wajah, dan mencegah penuaan dini di kulit. Air beras mengandung asam linoleat dan squalene, yang bisa membantu meningkatkan produksi kolage, dan menjaga elastisitas kulit.

Kandungan Squalene juga bisa membantu melindungi kulit, dari kerusakan akibat terlalu sering terpapar sinar matahari, dan meredakan kemerahan di kulit wajah. Buatlah ramuan bahan alami dengan mengAmbil secangkir air beras, lalu rendam tisu atau kapas selama 10 menit. Kmudian tempelkan pada wajah selama 15-30 menit.

Masker Kopi

ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/pixabay
ilustrasi ramuan bahan alami untuk mencegah penuaan dini/pixabay

Menggunakan masker kopi sebagai ramuan bahan alami, bisa membantu mencegah timbulnya penuaan dini di kulit, untuk perempuan yg memiliki usia 30an. Kandungan kopi bisa membantu menyamarkan noda hitam, meredakan kemerahan di kulit, menghilangkan garis halus di wajah dan mencegah radikal bebas.

Campurkan 1 sendok makan kopi dengan satu sendok teh bubuk kakao, dan tambahlan minyak kelapa, campur hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta di wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15-30 menit. Kemudian dengan lembut lepaskan dengan memijat bersama air dingin.

Lanjutkan Membaca ↓