Jenis dan Fungsi Kuas untuk Makeup

Kezia Prasetya Christvidya14 Jul 2020, 09:35 WIB
ilustrasi jenis dan fungsi kuas untuk makeup/unsplash

Fimela.com, Jakarta Makeup tidak hanya membuat penampilanmu semakin menarik. Nah, jika kamu ingin menggunakan makeup, tentu saja harus memahami jenis dan fungsi kuas terlebih dahulu, untuk membantu mengaplikasikan makeup di wajah.

Banyak sekali jenis kuas, yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kuas makeup bisa dibeli di toko kecantikan. Biasanya kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup memiliki bulu yang lembut, dan memiliki varian harga yang berbeda.

Berikut jenis dan fungsi kuas makeup, untuk membantu mengaplikasikan makeup di wajah, dilansir dari berbagai sumber:

Powder Brush

ilustrasi Jenis dan Fungsi Kuas untuk Makeup/unsplash
ilustrasi Jenis dan Fungsi Kuas untuk Makeup/unsplash

Jenis kuas yang pertama yaitu powder brush. Kuas ini wajib dimiliki seseorang yang mencintai makeup, karena kuas ini memiliki fungsi untuk mengaplikasikan bedak tabur ke wajah. Powder brush memiliki bulu yang panjang, halus dan tebal, sehingga bisa membuat bedak tabur merata keseluruh wajah.

Foundation Brush

Jenis kuas yang selanjutnya yaitu foundation brush, yang bisa membantu mengaplikasikan foundation, atau alas bedak ke seluruh wajah. Kuas yang satu ini, bisa membantu mengaplikasikan foundation yang berbentuk krim maupun cair, dan bisa membuat foundation rata di kulit wajah.

Jenis kuas foundation ada 2, yaitu kuas yang lebih pipih untuk foundation natural, sedangkan untuk hasil full coverage menggunakan kuas yang bagian atasnya bulat.

Fan Brush

ilustrasi Jenis dan Fungsi Kuas untuk Makeup/unsplash
ilustrasi Jenis dan Fungsi Kuas untuk Makeup/unsplash

Jenis kuas yang satu ini sangat unik, fan brush merupakan kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan highlighter di wajah, agar warna highlighter sempurna. Dengan bulunya yang lembut, selain digunakan untuk highlighter, kuas ini juga berguna untuk membersihkan sisa bubuk eyeshadow yang ada di area mata.

Eyeshadow Brush

Untuk mengaplikasikan eyeshadow, kamu memerlukan eyeshadow brush, untuk membantu meratakan warna eyeshadow. Eyeshadow brush memiliki sisi yang bagus untuk mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata, memiliki tekstur yang fluffy, sehingga bisa jadi bisa membentuk dan membaurkan eyeshadow dengan cantik.

Eyeshadow brush memiliki bentuk yang kecil, daripada kuas yang lainnya, untuk membantu merias area mata yang sempit.

Concelear Brush

Jenis kuas terakhir, yang wajib digunakan setiap hari, yaitu concelear brush yang bisa membantu membentuk hidung. Kuas yang digunakan untuk concelear juga kecil, hampir sama dengan eyeshadow brush, tetapi bisa membantu membentuk hidung menjadi lebih mancung.

Semoga informasi ini membantumu dalam menentukan brush. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓