10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!

Wuri Anggarini16 Jul 2020, 11:18 WIB
10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti setuju dong kalau rambut adalah mahkota yang bisa menunjang penampilan. Nggak heran kalau banyak perempuan yang mempercantik diri dengan melakukan berbagai styling untuk rambutnya, mulai dari mengecat rambut, penggunaan catokan atau hair curler, sampai bleaching. Semua dilakukan demi mendapatkan rambut on point yang membuat penampilan makin cetar.

Sayangnya, berbagai hal tersebut malah membuat rambut jadi terlihat kering dan rusak. Kalau sudah begini, jelas dong bisa mempengaruhi penampilan. Niatnya ingin cantik, tapi rambut rusak malah bikin penampilan jadi nggak maksimal. Tapi nggak perlu cemas berlebihan. Coba deh lakukan cara mengatasi rambut rusak yang bisa dilakukan di rumah. Mudah dan nggak perlu ribet, ini beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan!

Cara Mengatasi Rambut Rusak dengan Sampo dan Kondisioner

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk Mengatasi rambut rusak adalah memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Kedua produk ini adalah yang paling sering digunakan sehari-hari, jadi pastikan sampo dan kondisioner yang digunakan memiliki formula untuk merawat rambut rusak.

Khusus untuk kondisioner, jangan lupakan pemakaian produk yang satu ini. Kondisioner memiliki formula yang dapat melembapkan rambut secara mendalam, sehingga membantu mengatasi rambut rusak yang dialami. Namun, pastikan gunakan kondisioner dengan cara yang tepat, yaitu gunakan setelah keramas dengan sampo. Aplikasikan kondisioner hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja agar tidak membuat kulit kepala berminyak.

Masker untuk Mengatasi Rambut Rusak

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Cara mengatasi rambut rusak nggak cukup hanya dengan sampo dan kondisioner saja. Kamu juga perlu menggunakan produk masker untuk mengatasi rambut rusak. Pastikan pilih produk masker yang mengandung vitamin dan nutrisi lainnya untuk merawat rambut yang kering dan rusak. Aplikasikan secara teratur, yaitu 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Bleaching

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Bleaching seringnya digunakan untuk meluruhkan warna alami rambut, sehingga cat rambut yang digunakan bisa diaplikasikan dengan lebih optimal. Namun, produk bleaching ternyata juga berisiko membuat rambut rusak dan kering. Akibatnya, rambut jadi terlihat kasar dan lifeless dan pastinya bisa membuat penampilan jadi kurang oke.

Ada beberapa cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching yang bisa dilakukan di rumah. Awali dengan menggunakan produk sampo yang mengandung keratin. Zat ini merupakan protein pembentuk struktur utama rambut yang bisa rusak karena penggunaan bahan kimia seperti bleaching atau alat pemanas seperti hair dryer dan catok rambut. Untuk memperbaiki rambut yang rusak akibat proses bleaching, penggunaan sampo yang memiliki keratin sangat direkomendasikan sebagai cara mengatasi rambut rusak.

Cara Mengatasi Rambut Rusak dengan Lidah Buaya

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Sudah bukan rahasia lagi kalau lidah buaya punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Dilansir dari situs Healthline, lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang bekerja untuk mengatasi masalah gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk membersihkan sebum yang menumpuk di kulit kepala secara efektif, sehingga mencegah masalah rambut berminyak yang mengganggu penampilan.

Nggak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kandungan moisturizer yang dapat bekerja menjaga kelembapan rambut. Kandungan ini penting bekerja sebagai cara mengatasi rambut rusak yang bisa dilakukan di rumah. Bahan ini juga mengandung viramin A, C, dan E yang menutrisi rambut agar sehat dan terlihat berkilau. Gunakan lidah buaya sebagai masker alami untuk mengatasi rambut rusak secara rutin di rumah agar hasilnya maksimal.

Cara Mengatasi Rambut Rusak dengan Minyak Zaitun

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan yang dikenal sangat baik merawat kulit dan rambut. Khusus untuk rambut, bahan yang satu ini diperkaya dengan kandungan yang mampu menjaga kelembapan rambut sehingga mengurangi iritasi di area kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

Selain itu, kemampuan moisturizing-nya juga bekerja membantu cara mengatasi rambut rusak secara maksimal, lho. Kandungan vitamin di dalamnya menutrisi rambut yang rusak dan mengembalikan kesehatannya secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung di area ujung rambut yang mengalami kerusakan di malam hari. Bilas keesokan harinya untuk hasil yang maksimal. Namun, pastikan saat mengaplikasikan produk tidak mengenai kulit kepala karena bisa menyebabkan kulit kepala berminyak.

Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Mengembang

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Punya rambut rusak yang mengembang memang bisa terasa sangat merepotkan. Salah melakukan penataan malah bikin rambut mekar seperti singa. Duh, pastinya jadi mimpi buruk banget dong! Jangan sampai masalah ini mengganggu penampilanmu. Saatnya temukan cara mengatasi rambut rusak yang mengembang secara praktis yang bisa dilakukan di rumah. Ada nggak sih?

Tenang, ada beberapa cara mengatasi rambut rusak yang mengembang wajib banget dicoba nih. Mulai dari hindari keramas setiap hari karena akan membuat minyak alami di kulit kepala hilang sehingga kondisi rambut jadi semakin kering dan mengembang. Selain itu, minimalisir penggunaan alat panas seperti hair dryer dan catok rambut karena kondisi rambut yang terlalu kering dapat membuatnya semakin mengembang.

Cara Mengatasi Rambut Rusak Setelah Smoothing

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Punya rambut lurus halus ala selebriti idola mungkin jadi salah satu hal yang diimpikan perempuan. Nggak heran kalau banyak yang melakukan metode pelurusan rambut seperti smoothing yang hasilnya bisa bertahan lama. Namun, nggak bisa dipungkiri penggunaan zat kimia dalam obat smoothing termasuk paparan panas dari alat yang digunakan bisa membuat rambut jadi rusak.

Saatnya lakukan perawatan secara rutin sebagai cara mengatasi rambut rusak setelah smoothing. Misalnya dengan menggunakan serum dan vitamin khusus rambut yang telah mengalami proses kimiawi untuk menjaga kelembapannya dari luar sekaligus mencegah kerusakan.

Cara Mengatasi Rambut Rusak dengan Makanan Sehari-hari

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Jangan lupa perhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk memaksimalkan cara merawat rambut rusak yang dilakukan di rumah. Jika mengalami masalah rambut rusak yang disertai kerontokan, perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale yang memiliki kandungan zat besi tinggi untuk melancarkan asupan oksigen pada rambut. Hal ini membantu meningkatkan kekuatan rambut sehingga nggak mudah rontok.

Selain itu, perbanyak makanan yang mengandung protein untuk menjaga rambut tetap halus, lembut, dan kuat. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan seperti daging ayam, ikan, telur, dan sayuran yang mengandung protein tinggi seperti asparagus dan brokoli.

Perhatikan Handuk yang Digunakan

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Perhatikan cara kamu mengeringkan rambut dengan handuk. Gesekan rambut pada kain yang kasar atau menggosok rambut terlalu keras saat mengeringkannya ternyata bisa menimbulkan kerusakan pada batang rambut, yang menyebabkannya jadi rapuh dan mudah patah. Untuk menerapkan cara mengatasi rambut rusak dengan maksimal, perhatikan juga handuk yang digunakan. Pastikan kainnya harus lembut untuk menjaga kesehatan batang rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rusak dengan Rutin Potong Rambut

10 Cara Mengatasi Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dijamin Efektif dan Makin Indah!
(c) Shutterstock

Jika ujung rambut terlihat kering, rusak, dan kemerahan, maka cara mengatasi rambut rusak yang bisa dilakukan adalah dengan rutin potong rambut. Trik ini bisa digunakan untuk menyingkirkan ujung rambut yang sudah terlihat lifeless dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Tapi, jangan lupa berikan perawatan dukungan dengan mengaplikasikan masker rambut dan serum yang bisa menjaga kesehatan rambut dan memulihkan kondisinya agar lebih maksimal.

Itu tadi 10 cara mengatasi rambut rusak yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Nggak sulit kok merawat rambut agar tampak indah setiap saat karena yang kamu butuhkan adalah perawatan sederhana dan rutin seperti tips di atas. Selamat mencoba ya!

Lanjutkan Membaca ↓