4 Khasiat Bubuk Kopi Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Imelda Rahma18 Jul 2020, 09:35 WIB
Kopi

Fimela.com, Jakarta Selain buah dan madu, bahan alami yang sering dijadikan masker dan dipercaya dapat merawat kecantikan kulit wajah ialah bubuk kopi. Mungkin manfaat kopi bagi kesehatan tubuh atau membantu kamu untuk menghilangkan rasa kantuk sudah sering didengar, namun ternyata kandungan kopi juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah.

Biasanya bubuk kopi dijadikan masker yang dioleskan di seluruh permukaan kulit wajah lalu didiamkan selama beberapa menit dan dibilas. Menjadikan masker kopi untuk perawatan wajah sangat efektif untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Tidak heran kini banyak produk kecantikan memasukkan kopi sebagai komposisinya bahkan beberapa produsen mengeluarkan seri produk kecantikan khusus edisi kopi.

Selain manfaat dan kandungannya, aroma kopi yang khas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Pasti kamu setuju bahwa aroma kopi adalah aroma yang nikmat dan menenangkan. Banyak produk aroma terapi yang menggunakan aroma kopi karena baunya unik dan juga sangat harum.

Berbalik ke manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah, buat kamu yang penasaran dengan segudang khasiat dari bubuk kopi bisa melihat ulasan berikut ini. Fimela.com akan mengulas informasi 4 khasiat bubuk kopi bagi kecantikan kulit wajah. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Memperlambat Penuaan Dini

Memperlambat Penuaan Dini
Ilustrasi Wajah Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Khasiat bubuk kopi yang pertama ialah mampu memperlambat penuaan dini. Tentunya bagi kamu yang saat ini sudah berkepala tiga harus sudah mulai mewaspadai munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari penuaan dini. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan, garis-garis halus, dan hilangnya elastisitas kulit wajah.

Kandungan kafein pada bubuk kopi bisa menjadi solusinya. Adanya antioksidan di dalam kafein inilah yang dapat menyerang radikal bebas dan menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menjadikan bubuk kopi sebagai masker wajah agar dapat memaksimalkan kandungannya untuk wajah.  

Kandungan dalam kopi akan meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Tak heran, kopi banyak digunakan sebagai krim siang dan malam anti-penuaan dalam hubungan dengan retinol. Kafein juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna dalam mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.

Mengatasi Mata Panda

Mengatasi Mata Panda
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, khasiat bubuk kopi lainnya untuk kecantikan kulit wajah ialah mampu mengatasi keluhan mata panda. Pasti lingkaran hitam dibawah mata akan terasa sangat mengganggu penampilan karena matamu terlihat lesu dan tidak segar. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masker bubuk kopi bisa mengatasinya.

Kandungan kafein dari bubuk kopi dapat merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan aliran darah yang dapat membantu kulit mengencang secara alami. Alhasil mata panda pun dapat teratasi karena pengurangan penumpukan cairan di bawah mata.

Selain kafein, adanya senyawa kopi seperti asam klorogenik dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Tidak hanya itu, khasiat lainnya juga dapat mengurangi bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam karena asam ini memiliki sifat inflamasi.

Meringankan Jerawat

Meringankan Jerawat
Ilustrasi Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, khasiat bubuk kopi bagi kecantikan kulit wajah kali ini berhubungan dengan masalah kulit yang sebagian besar dirasakan oleh semua perempuan, yakni jerawat. Kandungan yang terdapat pada bubuk kopi dikenal mampu meringankan kondisi jerawat. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan, stimulant, dan asam klorogenat dalam kopi yang dapat menjadikannya scrub wajah yang efektif melawan jerawat.

Jerawat sendiri bisa terjadi karena minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradangan. Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri.

 

Meredakan Reaksi Kulit yang Terpapar Matahari

Meredakan Reaksi Kulit yang Terpapar Matahari
Ilustrasi Reaksi Kulit yang Terpapar Sinar Matahari Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, khasiat lain dari bubuk kopi yang akan sangat berguna bagi kecantikan kulit wajah ialah meredakan reaksi kulit yang terpapar sinar matahari. Ketika kulit wajah terpapar sinar matahari maka dampaknya bisa sangat berbahaya karena kulit wajah menjadi terbakar. Untuk meredakannya, kamu membutuhkan masker bubuk kopi.

Dalam bubuk kopi terdapat kandungan antioksidan seperti polifenol di dalamnya. Mengoleskan masker bubuk kopi ke wajah merupakan cara sederhana untuk mengantarkan antioksidan ke tubuh. Dengan cara ini efektif untuk mengurangi dan mencegah peradangan dan kemerahan akibat paparan sinar matahari serta memberi warna kulit yang indah dan merata.

Lanjutkan Membaca ↓