5 Tips Ampuh Atasi Ketombe dan Kutu Rambut yang Mengganggu

Imelda Rahma20 Jul 2020, 08:45 WIB
Ketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe dan kutu rambut adalah masalah besar bagi perempuan karena membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat. Tidak mengherankan jika banyak perempuan akan mencari berbagai cara untuk menuntaskan masalah ketombe sekaligus membasmu kutu rambut beserta telur-telurnya agar tidak membuat kepala gatal.

Ketombe dan kutu rambut sangat mudah tumbuh pada rambut yang lembap dan jarang diurus, maka dari itu, salah satu kunci agar rambut terhindar dari ketombe dan juga kutu ialah harus rajin dalam merawatnya. Rambut yang terurus otomatis akan dicuci dan dibersihkan setiap hari sehingga masalah pada rambut pun tidak mudah mengenai rambutmu.

Tentunya akan sangat menggelikan jika ada banyak kutu rambut pada sela-sela rambut yang akan membuatmu gatal sepanjang hari. Apalagi jika kondisi kutu sudah parah biasanya telur kutu akan mudah nampak pada lapisan luar rambut dan pastinya membuat siapapun menjadi merinding.

Jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, maka kamu harus segera mengatasinya. Nah, untuk itu Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips ampuh atasi ketombe dan kutu rambut yang mengganggu. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/pixabay

Tips atasi masalah ketombe pada kulit kepala yang pertama ialah dengan menggunakan bahan alami yakni lidah buaya. Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya mengatasi ketombe dengan lidah buaya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa potongan lidah buaya. Haluskan daging lidah buaya secukupnya lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala. Pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menitBilas dengan air hingga bersih

Membasmi Kutu Rambut dengan Sisir Serit

Membasmi Kutu Rambut dengan Sisir Serit
Ilustrasi Sisir Serit Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, tips atasi kutu rambut yang mengganggu bisa kamu coba dengan menggunakan sisir serit. Sudah sejak dulu sisir serit digunakan untuk membasmi kutu rambut dari kulit kepala. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya di toko-toko yang menjual alat-alat kecantikan.

Pilihlah sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm, semakin sempit gigi sisir serit tersebut maka makin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu beserta telurnya.

Sebelum menggunakan sisir serit, basahi dulu rambutmu. Karena rambut yang basah akan memperlambat gerakan kutu di kulit kepala, kondisi rambut juga membuat kutu jadi lebih mudah terlihat. Lakukan menyisir rambut dengan sisir serit selama empat hari sekali hingga kutu benar-benar hilang dari kulit kepala.

Mengatasi Ketombe dengan Daun Sirsak

Mengatasi Ketombe dengan Daun Sirsak
Ilustrasi Pohon Sirsak Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, tips lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi ketombe pada rambut ialah dengan menggunakan daun sirsak. Kandungan acetogenin pada sirsak mampu membasmi ketombe dari kulit kepala.  Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan, daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, hal pertama yang perlu kamu lakukan pastinya adalah menyiapkan beberapa helai daun sirsak. Jika sudah, tumbuk daun sirsak hingga halus. Tambahkan sedikit air agar melunak dan gunakan sebagai masker rambut. Oleskan secara merata pada rambut, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Asam Cuka

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Asam Cuka
Ilustrasi Asam Cuka Credit: pexels.com/pixabay

Tips lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kutu rambut pada kulit kepala ialah dengan menggunakan bantuan asam cuka. Sifat asam dari cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala. Bila perlu tambahkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya.

Cara menggunakan asam cuka untuk mengatasi kutu rambut sangat mudah. Pertama sediakan 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kelapa. Campurlah kedua cairan tersebut sampai merata Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur. Gunakan penutup kepala (shower cap) dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.

Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, tips untuk menghilangkan ketombe ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Tentu kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memeras jeruk nipis lalu campurkan jeruk nipis dengan air secukupnya. Jika sudah, oleskan pada rambut dan diamkan selama beberapa menit sampai meresap pada kulit kepala lalu bilas dengan air bersih.

Lanjutkan Membaca ↓