6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Muncul di Kulit Wajah

Annissa Wulan21 Jul 2020, 20:30 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Daripada jenis jerawat yang lain, jerawat batu mungkin adalah yang paling sulit diatasi. Memencet jerawat batu dengan cara yang tidak tepat justru akan membuatnya muncul lebih banyak, sudah pernah mengalaminya?

Bahkan menurut para ahli, jerawat batu adalah jenis yang paling parah, kemunculannya ditandai oleh perkembangan nodul-nodul yang lunak dan inflamasi di bawah kulit. Dilansir dari allure.com, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat batu yang muncul di kulit wajah.

1. Jangan memencetnya

Pada orang-orang berusia pertengahan 20 dan 30-an, jerawat terbuat dari kantong dalam sel darah putih dan ini tidak bisa dikeluarkan. Ketika kamu berusaha memencetnya, jerawat justru akan menjadi berair dan semakin parah.

2. Ketika pertama kali muncul, atasi dengan es batu

Jerawat batu biasanya berakar jauh di bawah kulit. Atasi dengan es batu, oleskan di area yang berjerawat selama beberapa detik. Mengoleskan es batu langsung ke area jerawat batu akan menyempitkan pembuluh darah kecil dan mengurangi kemerahan, serta ukurannya.

 

 

3. Gunakan 2 atau 3 kandungan produk berbeda sekaligus

Munculnya Jerawat
Ilustrasi Munculnya Jerawat di Wajah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Cara terbaik mengatasi jerawat batu adalah dengan menggunakan beberapa kandungan produk yang berbeda dan saling melengkapi. Cobalah menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, pelembap bebas minyak, dan spot treatment dengan benzoil peroksida.

4. Menggunakan produk pembersih yang tepat

Kamu yang memiliki jerawat batu, direkomendasikan menggunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat dengan konsentrasi tinggi, yaitu BHA yang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, mengelupas sel-sel kulit mati, dan mengeringkan jerawat. Ketika mengaplikasikan produk pembersih, diamkan selama beberapa saat agar bahan aktifnya bekerja memberikan efek tertentu.

5. Gunakan pelembap bebas minyak

ilustrasi kandungan benzolac untuk menyembuhkan jerawat/pixabay
ilustrasi kandungan benzolac untuk menyembuhkan jerawat/pixabay

Pelembap tetap harus digunakan secara rutin untuk mempertahankan penghalang kulit yang sehat. Setelah mencuci muka dengan produk yang mengandung asam salisilat, lanjutkan dengan produk pelembap bebas minyak.

6. Spot treatment

Benzoil peroksida bekerja dengan menurunkan kadar bakteri penyebab jerawat pada kulit, sehingga peradangan berkurang. Inilah mengapa produk spot treatment dengan benzoil peroksida sangat disarankan untuk kamu yang memiliki jerawat batu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓