Perbedaan Serum dan Vitamin untuk Perawatan Rambut Rusak

Kezia Prasetya Christvidya22 Jul 2020, 10:45 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang berkilau, sehat dan mudah diatur, untuk membuat tampilan lebih cantik dan menawan. Namun beberapa orang memiliki rambut rusak, yang diakibatkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia, pengering rambut atau gaya hidup yang kurang baik.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membantu merawat rambut rusak. Memberikan serum dan vitamin untuk rambut, agar rambut lebih terawat. Nah, tahukah kamu jika serum dan vitamin rambut hampir sama, tetapi memiliki perbedaan manfaat, fungsi hingga teksturnya.

Berikut beberapa perbedaan serum dan vitamin rambut, untuk membantu merawat rambut rusak, dirangkum dari berbagai sumber:

Perbedaan Kandungan

ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk rambut rusak/unsplash
ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk rambut rusak/unsplash

Walaupun hampir sama, tetapi serum dan vitamin memiliki kandungan yang berbeda, untuk mengatasi rambut yang rusak. Produk perawatan rambut yang berupa serum, biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap, daripada produk perawatan rambut seperti vitamin.

Kandungan yang terdapat pada produk perawatan rambut berupa serum, memiliki fungsi yang bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak, seperti keratin rambut. Sedangkan kandungan vitamin pada produk perawatan rambut, biasanya hanya melembapkan rambut, dan memberikan aroma wangi tertentu pada rambut.

Jenis Rambut

Perbedaan produk serum dan vitamin rambut yang berikutnya, yaitu berbeda penggunaan pada jenis rambut, untuk memperbaiki rambut yang rusak. Produk perawatan rambut berupa serum, dapat digunakan untuk jenis rambut yang terlalu kering atau kusam, bercabang dan tertalu sering menggunakan produk kimia atau pengering rambut.

Sedangkan produk vitamin rambut, dapat digunakan untuk rambut normal yang tidak terlalu kering, atau jarang menggunakan produk kimia dan pengering rambut. Kedua produk perawatan rambut ini, bisa digunakan setiap hari atau setelah keramas, untuk membantu merawat rambut yang rusak.

Fungsi yang Berbeda

ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk merawat rambut rusak/unsplash
ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk merawat rambut rusak/unsplash

Walaupun hampir sama, namun produk perawatan rambut berupa serum dan vitamin, memiliki fungsi yang berbeda untuk merawat rambut. Produk perawatan rambut berupa serum, memiliki fungsi untuk membantu melindungi rambut, menghaluskan rambut, dan membuat rambut lebih berkilau.

Serum sangat baik digunakan untuk membantu menutrisi dan melembapkan rambut, yang telah rusak akibat penggunaan bahan kimia, serta terlalu sering menggunakan pengering rambut. Sedangkan produk vitamin rambut, juga bisa membantu melembapkan rambut, tetapi hanya membantu dalam memperindah dan membuat rambut beraroma wangi.

Manfaat Serum dan Vitamin

ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk rambut rusak/unsplash
ilustrasi perbedaan serum dan vitamin untuk rambut rusak/unsplash

Manfaat produk serum dan vitamin rambut, juga memiliki perbedaan yang sebenarnya hampir mirip, untuk membantu merawat rambut rusak. Namun manfaat vitamin rambut hanya untuk memperindah bagian rambut rusak, sedangkan manfaat menggunakan serum, bisa membantu memperbaiki kerusakan pada rambut. Kamu bisa menggunakan masker rambut, shampo atau konditioner, yang memiliki kandungan serum di dalam produk tersebut.

Cara Kerja

Perbedaan produk perawatan rambut seperti serum dan vitamin yang terakhir, yaitu perbedaan cara kerja serum dan rambut, saat merawat rambut yang rusak. Produk perawatan rambut berupa serum, memiliki kandungan yang partikelnya lebih kecil daripada vitamin rambut, sehingga kandungan serum akan lebih mudah diserap pori-pori rambut dan kulit kepala.

Maka dari itu, menggunakan serum akan lebih cepat untuk memperbaiki rambut yang rusak, daripada menggunakan produk vitamin.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓