5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah

Wuri Anggarini24 Jul 2020, 08:00 WIB
5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan yang kesehariannya menggunakan makeup, membersihkan wajah pastinya jadi salah satu beauty regime yang sudah nggak asing lagi. Hal ini penting dilakukan untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup yang bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah, seperti jerawat hingga iritasi. Meskipun jadi salah satu step perawatan kulit yang familiar dilakukan, tapi yakin kalau kamu sudah memilih pembersih wajah yang tepat? Jangan asal menggunakan produk, pasalnya salah pilih pembersih wajah bisa membuat kulit mengalami 5 hal berikut ini.

Makeup Susah Hilang, Perlu Menggosok Kulit dengan Keras Hingga Iritasi

5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah
(c) Shutterstock

Setelah seharian menggunakan riasan, langkah pertama yang sering dilakukan setelah sampai di rumah adalah membersihkan wajah. Makeup yang tahan air, mengandung SPF atau kaya mineral biasanya akan sulit dihilangkan dengan pembersih biasa. Hasilnya bukan hanya makeup susah dihilangkan, tapi juga berisiko memicu iritasi karena terlalu keras menggosok kulit dengan harapan bisa mengangkat makeup yang tertinggal.

Kulit Kering dan Perih karena Kadar Alkohol yang Tinggi

5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah
(c) Shutterstock

Alkohol termasuk bahan yang sering dijumpai dalam produk skincare, sebagai antibakteri dan memberikan sensasi dingin. Namun terlalu sering membersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung kadar alkohol tinggi justru akan membuat kulit rentan kering dan iritasi.

Alkohol dapat merusak kelembapan alami kulit sehingga berubah kering dan gampang teriritasi karena melemahkan pertahanan kulit. Hindari memilih produk pembersih yang mengandung pewangi atau alkohol, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif, agar tak bermasalah dengan kulit yang jadi kemerahan dan perih.

Pori-Pori Tersumbat karena Makeup Tidak Terangkat Sempurna

Sudah menjajal berbagai cara tapi tetap sulit menyingkirkan jerawat yang membandel? Bisa jadi penyebabnya berasal dari pembersih wajah yang kurang tepat. Seringkali formula pembersih wajah hanya mengangkat kotoran di permukaan kulit saja, sehingga menyisakan pori-pori yang tersumbat oleh makeup, debu, maupun minyak. Selain itu, pembersih wajah berisiko merusak skin barrier sehingga kulit kehilangan pertahanan alaminya dan rentan terserang bakteri penyebab jerawat.

Kulit Terlihat Kusam

5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah
(c) Shutterstock

Menggunakan pembersih wajah yang salah dapat menyebabkan kulit jadi kusam. Makeup yang sulit hilang sepenuhnya akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit kehilangan kecerahannya. Selain itu, kesalahan dalam memilih sabun cuci muka juga bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan memicu kulit jadi kasar dan kusam.

Bagi Pemilik Kulit Berminyak, Dapat Membuat Produksi Minyak Alami Semakin Aktif

Salah memilih produk pembersih wajah dapat menguras kelembapan kulit. Akibatnya, kulit akan memicu produksi sebum atau minyak untuk kembali melembapkan kulit. Namun, hasilnya kulit malah tampak semakin berminyak dan mengkilap, yang akan memberikan kesulitan saat mengaplikasikan riasan.

Wah, ternyata salah pilih pembersih wajah bisa mengakibatkan banyak dampak negatif untuk kesehatan kulitmu. Gunakan PIXY White Aqua Micelloil Cleansing Water Smooth Pore. Pembersih wajah yang satu ini bekerja dengan teknologi dua lapisan pembersih, yaitu Micellar Water with Smooth Pore Agent yang membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit, serta membuat pori-pori terlihat lebih halus. Selain itu, ada juga Skin Softening Oil yang efektif melembutkan kulit.

5 Hal yang Dialami Kulit Saat Salah Pilih Produk Pembersih Wajah
(c) PIXY

Produk ini dilengkapi dengan Hydra-Active dan Natural Whitening Extract yang menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tampak cerah. Tanpa kandungan alkohol, jadi tidak membuat kulit kering jika dipakai secara rutin.

Jangan lupa lakukan selalu teknik double cleansing dan dukung dengan PIXY White Aqua Pore Cleanse Micellar Foam. Sabun wajah dengan busa instan melimpah ini mengandung Micro Micellar Foam yang membersihkan wajah dari minyak berlebih dan kotoran hingga ke dalam pori-pori. Produk ini juga memiliki brush unik untuk memaksimalkan ritual membersihkan wajah di rumah. Info lebih lengkap klik di sini. (eth)

Lanjutkan Membaca ↓