Cara Mudah Mengatasi Kuku yang Kering

Kezia Prasetya Christvidya23 Jul 2020, 19:25 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang perlu dijaga adalah kesehatan kuku. Nah, untuk membuat penampilan terlihat lebih cantik, seorang perempuan pasti akan mewarnai dan menghias kuku, dengan kuteks yang memiliki kandungan kimia.

Kandungan yang terdapat di dalam kuteks, bisa membuat kuku menjadi kering, kusam dan kuku menjadi tidak sehat. Memiliki kuku kering, bisa membuat penampilan menjadi kurang indah. Kuku kering juga bisa saja disebabkan karena kulit yang kering.

Sahabat Fimela harus rajin merawat kuku, menutrisi kuku dan menjaga kuku tetap cantik serta sehat, agar kuku tidak mudah kering atau patah. Berikut cara yang sangat mudah, untuk mengatasi kuku yang kering, dirangkum dari berbagai sumber:

 

Jangan Terlalu Sering Mengganti Kuteks

ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay
ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay

Jika kamu memiliki kuku yang kering, atau ingin mengatasi dan mencegah kuku kering, usahakan jangan terlalu sering menggunakan atau mengganti kuteks. Karena jika terlalu sering mengganti warna kuteks, pasti akan menghapus kuteks dengan aseton, yang memiliki kandungan alkohol.

Kandungan alkohol yang terdapat pada aseton, bisa menyebabkan kuku menjadi kering, dan kuku menjadi mudah patah.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami, yang memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu melembapkan kuku yang kering. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun kebagian kuku dan tangan, biarkan selama semalaman, gunakan minyak zaitun disetiap malam hari.

Saat menggunakan minyak zaitun, usahakan jangan menggunakan kuteks, agar minyak dapat menutrisi kuku dengan baik.

Menggunakan Pelembap

ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay
ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay

Cara mengatasi kuku kering yang selanjutnya, yaitu menggunakan krim atau pelembap, yang dikhususkan untuk menutrisi kuku. Banyak sekali produk pelembap yang dijual, untuk membantu melembapkan kuku, agar kuku tidak mudah kering.

Selain menutrisi kuku, produk seperti hand cream biasanya memiliki kandungan vitamin yang juga bisa membantu mencerahkan kulit tangan dan melembapkan tangan. Produk ini membantumu untuk menjaga kesehatan kuku.

Jangan Menggigit Kuku

ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay
ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay

Cara mengatasi kuku kering yang selanjutnya, yaitu hindari kebiasaan menggigit kuku, karena bisa merusak tekstur kuku. Jika terlalu sering menggigit kuku, bisa menyebabkan luka dalam pada kuku, yang bisa membuat kuku menjadi berdarah.

Kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan sakit perut, karena banyak bakteri atau kuman yang menempel di kuku, yang masuk ke dalam mulut karena menggigit-gigit kuku.

Merendam dengan Air Hangat

ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay
ilustrasi cara mengatasi kuku kering/pixabay

Cara mengatasi kuku kering yang terakhir, yaitu dengan merendam kuku dengan air hangat, setiap seminggu 3 kali. Kamu bisa membuat rendaman air hangat, dengan mencampur dengan garam terapi, untuk membantu merelaksasikan kuku agar tidak mudah kering.

Terlalu sering menggunakan kuteks, bisa menutup pori-pori pada kuku. Sehingga rendamlah kuku dengan air hangat untuk membantu membuka pori-pori kuku.

Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓