5 Trik Merawat Kulit Kombinasi Agar Tidak Berjerawat

Vinsensia Dianawanti05 Agu 2020, 09:30 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kombinasi merupakan tantangan tersendiri. Kamu harus menggunakan produk yang mampu mengakomodir kebutuhan kulit berminyak di area tertentu dan kulit kering di area lain.

Tidak mudah untuk menemukan produk dan cara yang tepat untuk merawat kulit kombinasi. Jika salah mengaplikasikan produk, bisa timbul jerawat.

Seperti mengaplikasikan pelembap yang terlalu tebal di area berminyak atau mengoleskan krim jerawat di area kulit kering. Tentu ini akan memperburuk kondisi kulit.

Untuk membuat kulit terasa lebih baik, sejumlah ahli kulit merekomendasikan perawatan yang tepat bagi kulit kombinasi. Kuncinya adalah menyeimbangkan kondisi kulit dengan beberapa cara berikut ini.

1. Perawatan kulit yang sederhana tetap terjaga

Meletakkan campuran beberapa produk di seluruh area wajah kemungkinan besar akan mengganggu keseimbangan kulit. Sehingga kamu perlu memastikan agar rutinitas perawatan kulit sederhana tetap terjaga. Gunakan pembersih yang lembut dan nonkomedogenik untuk menghilangkan minyak dan sisa-sisa kotoran yang menyumbat pori-pori. Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk melembapkan kulit sekaligus membangun kembali pelindung kulit.

 

2. Memiliki produk hibrida

Perawatan Wajah
Ilustrasi Perawatan Kulit/copyright shutterstock By KaptureHouse

Produk ini merupakan inovasi yang memadukan dua produk yang berbeda. Memungkinkan kamu mendapatkan banyak manfaat dalam satu formula. Produk hibrida yang dimaksu adalah gel cream yang sangat bagus untuk orang yang cenderung berjerawat namun masih memiliki bercak kering yang tidak merata.

Cari pelembap yang memiliki BHA dan asam salisilat untuk membantu merendam minyak dan mencegah jerawat. Sementara kandungan niacinamide dan squalane untuk mencerahkan dan melembapkan kulit.

3. Gunakan produk sesuai dengan areanya

Meski terdengar agak rumit, kamu tetap perlu mengaplikasikan produk sesuai dengan kebutuhan. Secara khusus, T-Zone adalah area yang umum lebih berminyak karena kelenjar minyak kulit lebih terkonsterasi pada area tersebut. Ahli kulit pun menyaranan untuk mengatasi bagian wajah yang lebih kering terlebih dahulu dengan rejimen normal. Baru setelah aplikasikan rejimen khusus untuk bagian berminyak.

4. Jangan lupakan pelembap

Jangan berpikir area yang berminyak tidak membutuhkan pelembap. Justru kulit kombinasi memiliki banyak alasan untuk mendapatkan pelembap. Kamu bisa mengaplikasikannya sedikit ke seluruh area wajah dan menggandakannya di area yang kering.

5. Cari pelembap nonkomedogenik

Hati-hati mencari pelembap untuk kulit kombinasi karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Semua jerawat dimulai dengan pori-pori yang tersumbat. Cari produk yang berlabel nonkomedogenik, jangan gunakan retinol berlebihan atau mengaplikasikan salep oklusif.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓