5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah yang Kusam dan Berminyak

Imelda Rahma26 Jul 2020, 11:45 WIB
Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah kusam dan berminyak pastinya adalah masalah besar bagi perempuan yang sangat memerhatikan penampilannya. Pasalnya wajah yang kusam dan berminyak sangat menganggu dan kurang indah untuk dipandang. Wajah yang berminyak akan membuatmu tidak percaya diri karena tampilan tidak lagi fresh dan segar.

Wajah yang mudah berminyak juga mudah menimbulkan masalah lainnya pada wajah, contohnya adalah jerawat. Maka dari itu, jika wajahmu merupakan tipe kulit wajah yang kusam dan berminyak maka kamu harus segera mengatasinya.

Selain, menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak juga akan sangat merepotkan dan terlihat ‘cakey’ ketika diaplikasikan dengan beragam makeup karena foundation maupun krim wajah lainnya tidak akan bertahan lama dengan wajah yang berminyak. Seandainya kamu paksa untuk touch-up juga hasilnya tidak akan terlihat natural.

Nah, jika kamu tidak ingin masalah kulit tersebut menimpa kulit cantikmu, maka kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 cara mudah mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menggunakan Madu

Menggunakan Madu
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/pixabay

Cara mudah mengatasi kulit kusam dan berminyak yang pertama ialah dengan menggunakan madu. Bisa dikatakan bahwa madu adalah salah satu cara alami menghilangkan minyak di wajah. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Madu akan bertindak sebagai emolien alami yang melembabkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Oatmeal

Menggunakan Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, cara mudah mengatasi kulit kusam dan berminyak yang kedua ialah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal ternyata tidak hanya berkhasit untuk menurunkan berat badan tetapi juga berguna untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah.

Perlu kamu tahu bahwa oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu. Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Cara alami menghilangkan minyak di wajah dengan oatmeal adalah dengan mengoleskan oleskan campuran oatmeal ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Menggunakan Lidah Buaya

Menggunakan Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, cara mudah yang ketiga untuk mengatasi masalah kulit kusam dan berminyak ialah dengan memanfaatkan kandungan yang ada pada lidah buaya. Banyak orang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan minyak di wajah. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa lidah buaya membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh kulit berminyak.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi kulit berminyak, oleskan tipis gel lidah buaya ebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya. Tapi, perlu diketahui, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif.

 Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, lidah buaya aman digunakan.

Memanfaatkan Kandungan Tomat

Memanfaatkan Kandungan Tomat
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/pixabay

Keempat, cara mudah untuk mengatasi masalah kulit kusam dan berminyak ialah dengan memanfaatkan kandungan yang ada pada tomat. Tomat mengandung asam salisilat, yang merupakan solusi jerawat yang umum.

Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kamu bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan menempelkan langsung potongan tomat pada kulit, menjadikannya masker, scrub, atau toner.

Menggunakan Almond

Menggunakan Almond
Ilustrasi Kacang Almond Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara mudah untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan berminyak ialah dengan menggunakan kacang almond. Kacang almond tidak hanya berguna sebagai pelengkap makanan saja tetapi juga mampu mengatasi masalah kulit wajah yang kusam dan berminyak.

Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran. Almond bisa dijadikan scrub untuk mengangkat minyak dan kotoran.

Caranya adalah dengan menghaluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. iarkan masker selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Lanjutkan Membaca ↓