3 Cara Sederhana Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Vinsensia Dianawanti01 Agu 2020, 12:00 WIB
Jangan Dipencet, Ini Sederet Tips Aman Atasi Jerawat Tanpa Bekas

Fimela.com, Jakarta Mengalami jerawat selama bertahun-tahun tentu bukanlah pengalaman yang mudah. Belum lagi dengan bopeng dan bekas jerawat gelap yang membuatmu merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Ahli dermatologi dari Rumah Sakit Yale New Haven memberikan beberapa opsi perawatan kulit yang mampu menghilangkan bopeng dan bekas jerawat. Di antara beberapa opsi tersebut, terdapat tiga perawatan yang paling efektif untuk mengatasi bekas jerawat.

1. Pengelupasan kimia

Carilah produk eksfolasi kimia yang memiliki bahan AHA atau alpha-hydroxy acid. Atau kamu bisa mencari pengelupas lembut lainnya yang dapat membantu mengatasi bekas luka dan bekas jerawat.

Menurut American Society for Dermatology Surgery, pengelupasan kulit bisa menggunakan asam trikloroasetat yang merupakan kandungan yang lebih kuat untuk menembus lapisan kulit luar dan tengah dan menghilangkan sel-sel rusak. Kulit baru bisa menjadi sangat sensitif. Sehingga direkomendasikan untuk tidak melakukan eksfoliasi sesering mungkin.

2. Microneedling

Jangan Dipencet, Ini Sederet Tips Aman Atasi Jerawat Tanpa Bekas
Ilustrasi wajah mulus tanpa bekas jerawat. (Unsplash.com/Malvestida Magazine).

Perawatan kulit ini menjadi pilihan lain yang menjadi populer beberapa tahun belakangan. Proses ini harus dilakukan di klinik kecantikan dengan melibatkan menggulung jarum kecil di seluruh kulit. Tubuh merespon cedera dengan menciptakan kolagen baru. Kolagen ini dapat membantu mengisi ruang kosong di daerah bopeng dan bekas jerawat.

3. Krim atau gel

Krim retinol sebenarnya dapat membantu menghilangkan bopeng dan bekas jerawat. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan gel retinoid dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, karena gel ini akan membuat kulit menjadi lebih sensitif sementara waktu, jangan aplikasikan di siang hari atau kurangi paparan sinar matahari ke kulit. Sangat disarankan untuk menerapkan gel ini di malam hari dan ketika kamu tidak akan berada di luar rumah.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓