Sukses

Beauty

4 Manfaat Tawas Sebagai Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Selain berguna untuk kesehatan dalam penyembuhan luka, tawas juga ternyata berguna untuk perawatan kecantikan. Tawas sendiri merupakan kristal garam transparan yang larut dalam air. Lebih tepatnya, tawas adalah alumunium kalium sulfat terhidrasi secara kimia yang larut dalam air dan bereaksi dengan asam. Tawas memiliki rumus kimia KAl (SO4) 2 ยท 12H2O.

Tawas tidak beracun, hanya saja rasanya asam dan agak manis. Selain itu, tawas juga terbagi dalam beberapa jenis yakni, tawas kalium, tawas soda, tawas amonium dan tawas aluminium, tetapi yang lebih umum adalah tawas kalium. Beberapa jenis tawas tersebut bisa ditemukan dengan mudah di pasar.

Untuk keamanannya dalam perawatan kecantikan, tawas memang tidak beracun namun sebaiknya digunakan dalam jumlah kecil saja karena jika digunakan dalam jumlah besar dikhawatirkan akan memberi efek samping pada kulit dan akhirnya menjadi berbahaya.

Nah, untuk kamu yang belum mengenal tawas dan penasaran dengan beragam manfaatnya untuk kecantikan bisa melihat informasinya berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 4 manfaat tawas sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Sebagai Pengganti Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Manfaat tawas sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan yang pertama ialah dijadikan sebagai pengganti deodoran untuk menghilangkan bau ketiak. Selama ini tawas dipercaya bisa mengatasi masalah bau ketiak dengan baik. Selain itu aman digunakan karena tidak menimbulkan iritasi.

Menariknya lagi, mengatasi bau ketiak dengan tawas ini pun sangat mudah untuk dilakukan. Caranya adalah ambil 100-gram tawas lalu haluskan. Cara mudah untuk menghaluskan tawas sendiri adalah dengan cara ditumbuk.

Jika tawas sudah halus, oleskan tawas ke ketiak secara merata. Cara ini dipercaya akan membuat ketiak tidak bau. Cara alami ini juga dipercaya sangat aman bahkan lebih aman dari pemakaian deodorant.

Berkhasiat Untuk Memutihkan Ketiak

Berikutnya, manfaat tawas sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan yang kedua ialah berkhasiat untuk memutihkan permukaan ketiak yang menghitam. Memang sejak dulu tawas dikenal sebagai flocculator yang berfungsi untuk menggumpalkan kotoran-kotoran pada proses penjernihan air.

Selain itu, tawas juga digunakan sebagai deodorant, karena sifat antibakterinya dan keampuhannya sebagai 'magnet' untuk mengumpulkan kotoran yang ada di ketiak. Menurut informasi yang telah dirangkum menyebutkan bahwa dulu sebelum ada produk deodorant, tawas sudah digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan ketiak.

Cara menggunakan tawas untuk memutihkan ketiak pun sangat mudah. Cukup menyediakan satu butir kristal tawas yang tidak terlalu kecil, celupkan ke dalam mangkuk berisi air hangat selama 5 detik.

Ampuh Mencerahkan Selangkangan

Selanjutnya, manfaat tawas yang juga menakjubkan dalam perawatan kecantikan yang ketiga ialah ampuh dalam mencerahkan bagian selangkangan yang menghitam. Bagi perempuan, selangkangan yang menghitam pasti menjadi masalah serius apalagi jika sudah bersuami, bisa jadi masalah selangkangan nantinya mengganggu keharmonisan hubungan rumah tangga.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan tawas sebagai bahan alami yang ampuh mencerahkan kulit ketiak. Caranya mudah saja, cukup siapkan 2 sdm tawas bubuk. Larutkan dalam 500 ml air hangat. Rendam handuk bersih di dalam air tawas. Gunakan handuk untuk mengompres area selangkangan.

Selain untuk mengompres, pakai juga handuk untuk menggosok-gosok lembut selangkangan. Ini bisa bantu mengangkat sel kulit mati penyebab hitamnya selangkangan. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, lakukan tips ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Mengatasi Tumit yang Kasar dan Pecah-Pecah

Terakhir, manfaat tawas sebagai bahan alami juga bisa digunakan untuk mengatasi tumit kki yang kasar dan pecah-pecah. Pastinya karena aktivitas sehari-hari seringkali kita melupakan kondisi tumit yang mudah kering, kasar, dan pecah-pecah. Kondisi tumit yang seperti itu, pasti akan membuat kesehatan dan kecantikan kulit terganggu.

Jika kamu ingin mengatasinya, tidak perlu perawatan yang rumit dan mahal, cukup gunakan tawas saja. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu memanaskan tawas yang padat hingga mencair dan menjadi bubuk yang mudah hancur. Haluskan sampai mencapai konsistensi yang baik dan campur dengan minyak kelapa. Gosokkan campuran ini ke tumit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan secara teratur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading