Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Jerawat Membandel dalam Semalam

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang bisa diatasi dalam waktu semalam. Munculnya jerawat ini bisa disebabkan karena banyak faktor. Mulai dari faktor stres, jarang membersihkan wajah, makan-makanan yang kurang sehat, dan bisa disebabkan karena perubahan hormon.

Seringkali jerawat ini muncul pada saat perempuan sendang mengalami datang bulan. Jerawat diwajah tentu saja bisa mengganggu penampilan sehari-hari. Walaupun bisa ditutup dengan riasan, namun tekstur jerawat yang menonjol tetap bisa ditutup dengan riasan. Justru riasan yang tebal ini akan memicu jerawat yang lebih parah.

Ada banyak produk perawatan kulit wajah, yang bisa membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Mulai dari produk lokal, produk organik, hingga produk dari luar negeri yang harganya lumayan mahal. Tentu saja untuk menghilangkan jerawat harus menggunakan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra. Berikut cara yang bisa membantu mengatasi jerawat semalaman:

Cara Mengatasi Jerawat Membandel

1. Mengeksfoliasi Wajah

Tips mengatasi jerawat membandel yang pertama, yaitu mengeksfoliasi wajah menggunakan toner atau penyegar. Setelah membersihkan wajah dari riasan sehari-hari, jangan lupa menggunakan penyegar wajah, untuk mengangkat sisa kotoran di wajah. Karena kotoran tersebut bisa menjadi penyebab jerawat. Sahabat Fimela bisa menggunakan penyegar wajah yang memiliki kandungan AHA dan BHA pada malam hari.

Kandungan ini bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat, mengontrol minyak, dan juga membantu mengangkat sel kulit mati. Pori-pori yang tersumbat ini disebabkan karena produksi minyak wajah yang berlebihan, sel kulit mati yang menumpuk, sisa riasan harian, dan juga bakteri atau kuman penyebab jerawat yang singgah di dalam pori-pori.

2. Menggunakan Krim Jerawat

Tips mengatasi jerawat membandel yang kedua yaitu menggunakan krim jerawat. Ada banyak sekali produk perawatan kulit yang berbentuk krim, dan fungsinya untuk mengatasi jerawat, mengontrol minyak, dan membantu melembapkan kulit wajah. Setelah menggunakan penyegar wajah, tentu saja kulit butuh pelembap berbentuk krim, untuk mengembalikan pH kulit wajah.

Krim jerawat ini juga bisa membantu mengobati peradangan pada jerawat. Gunakan krim wajah yang memiliki kandungan retinol atau benzolac, yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat semalam. Walaupun kandungan bahan aktif ini lumayan keras, tapi kandungan ini aman untuk digunakan pada malam hari, dan membantu mempercepat mengempeskan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Membandel

3. Menggunakan Acne Spot

Setelah menggunakan krim jerawat, jangan lupa untuk menggunakan acne spot gel atau acne patch. Acne spot gel digunakan khusus pada area berjerawat. Biasanya produk ini bisa membantu mengeringkan jerawat semalaman, karena memiliki kandungan bahan aktif yang ampuh untuk membunuh bakteri dan jamur jerawat.

Sedangkan acne patch digunakan untuk menyedot jerawat yang hampir matang. Acne patch ini juga ampuh mengatasi jerawat. Tetapi kalau sudah menggunakan acne spot gel, jangan menggunakan acne patch secara bersamaan.

4. Menggunakan Masker

Untuk membantu mengatasi jerawat semalaman, ada baiknya juga rajin merawat kulit wajah dengan menggunakan masker. Masker khusus jerawat bisa digunakan setiap seminggu sekali, agar tidak mengiritasi kulit wajah. Masker wajah ini ada beberapa macam, seperti masker organik, sheet mask, clay mask dan masih banyak lagi jenisnya. Masker yang cocok digunakan untuk jerawat adalah masker jeruk, green tea, tea tree oil, tomat dan juga bambu charcoal.

Cara Mengatasi Jerawat Membandel

5. Peeling Wajah

Cara mengatasi jerawat yang terakhir adalah menggunakan peelingPeeling jerawat adalah perawatan kulit yang dilakukan oleh dokter kulit, dengan mengoleskan cairan kimia ke wajah yang berjerawat selama beberapa menit. Perawatan wajah ini hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit, karena tiap kulit orang memiliki dosis peeling yang berbeda.

Peeling wajah ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan kulit, membunuh bakteri jerawat, mengangkat kulit mati, mengurangi kerutan di wajah, meratakan warna kulit wajah dan menghilangkan bekas luka yang ada di wajah. Perawatan wajah dengan peeling ini, hanya boleh dilakukan kurang lebih 2 minggu sekali, agar kulit wajah tidak iritasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading