6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Memotongnya

Annissa Wulan20 Okt 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 20:30 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Rambut bercabang biasanya mudah kusut dan terlihat lebih kering. Berbagai faktor fisik dan kimiawi dapat menyebabkan kerusaakan progresif pada kutikula yang biasanya melindungi rambut.

Rambut bercabang biasanya terjadi di ujung karena itu adalah area yang paling tua. Kerusakan fisik dapat berasal dari menyikat atau menyisir, sering menggunakan alat panas, dan kebiasaan mengikat rambut. Sedangkan kerusakan kimiawi berasal dari proses pewarnaan, pengeritingan, dan perawatan keratin.

Ingatlah bahwa tidak ada cara yang bisa memperbaiki rambut rusak sepenuhnya. Dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut bercabang, tanpa harus memotongnya.

 

 

1. Jangan pernah menyisir rambut basah

Cocok Untuk Perawatan Rambut
Ilustrasi Rambut yang Sehat dan Terawat Credit: unsplash.com/Averie

Rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan. Air akan membuat batang rambut bengkak dan renggang.

Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu, lalu aplikasikan kondisioner tanpa bilas ke seluruh bagian rambut. Berinvestasi dengan sisir bergigi lebar yang memang dirancang khusus untuk melindungi rambut basah.

2. Merawat helai rambut

Jangan menarik helai rambut saat kamu menatanya. Mulailah dari ujung dan lanjutkan ke atas.

Jangan pernah menggunakan karet gelang atau aksesori rambut berbahan logam yang dapat menarik dan merusak rambut. Carilah aksesori yang terbuat dari kain, serta hindari mengepang rambut atau kuncir kuda yang ketat.

3. Menyesuaikan suhu alat penata rambut

Panas dapat menyebabkan kerusakan besar pada untaian rambut. Rambut dapat benar-benar kering karena air yang terperangkap di dalam helai rambut memanas dan mengembang, menyebabkan lebih banyak kerusakan. Atur suhu alat penata rambut serendah mungkin untuk mengurangi kerusakan.

4. Tidak mewarnai rambut

Melembapkan Rambut dan Cocok Untuk Kulit Kepala yang Kering
Ilustrasi Kondisi Rambut yang Kering Credit: pexels.com/Tim

Bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan parah jika tidak diterapkan dengan benar. Pastikan kamu juga berkonsultasi dengan ahlinya jiga ingin mewarnai rambut, agar proses perwarnaan rambut dilakukan dengan cara tepat.

5. Jarang menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi ujung bercabang. Jika ujung rambut bercabang, rambut membutuhkan lebih banyak hidrasi daripada sebelumnya. Kondisioner melapisi rambut basah, sehingga lebih mudah diurai, untuk mengurangi kerusakan, dan membuatnya lebih lembut, serta lebih mudah diatur.

6. Berinvestasi dengan sarung bantal sutra

Tidur di atas sarung bantal sutra atau menggunakan topi berbahan sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang menyebabkan kerusakan rambut dan mengurangi kehalusan. Bahan satin akan membuat rambut terlihat lebih sehat, berkilau, dan bebas dari kerusakan lebih lama.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓