10 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Membandel Tanpa Ribet, Tanpa Sakit

Nabila Mecadinisa21 Sep 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2020, 16:30 WIB
Ilustrasi kecantikan

ringkasan

  • Tanpa ribet, komedo bisa diatasi dengan cara mudah.
  • Madu hingga chemical exfoliating, cara-cara terbaik untuk atasi komedo membandel.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, masalah kulit yang sering kita alami adalah komedo. Kehadiran komedo biasanya disebabkan oleh sebum yang menumpuk di pori-pori, sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih.

Sel kulit mati dan produksi sel minyak berlebih di kulit menyebabkan komedo yang jika dibiarkan dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Tak jarang juga jika komedo disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang tidak dibersihkan secara tuntas, sehingga menyebabkan penyumbatan.

Lalu, bagaimana cara terbaik, mudah, dan tidak sakit, untuk atasi komedo membandel? Seperti yang dilansir dari Allure.com, simak selengkapnya berikut ini.

1. Scrub dengan oatmeal

Oatmeal memiliki karakter yang dapat membantu eksfoliasi kulit dengan baik tanpa membuatnya iritasi. Untuk mengatasi komedo, campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan yogurt, lalu oleskan dan pijat perlahan pada kulit. Jika sudah diamkan bebeapa menit dan bilas dengan air hangat. Penggunaan rutin dapat menyehatkan kult dan mengatasi komedo dengan baik.

2. Masker lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibiotik yang baik bagi kesehatan kulit. Tak hanya membuatnya jadi lembap, namun lidah buaya juga bisa membersihkan pori-pori secara mendalam. Aplikasikan lidah buaya pada kulit sebaga masker, dan diamkan selama 10-15 menit untuk mengatas komedo membandel. 

Madu hingga Chemical Exfoliating

Menggunakan Madu Murni
Ilustrasi Madu Murni Credit: freepik.com

3. Madu

Madu adalah bahan alami yang dapat melembapkan kulit dan membantu mengatasi penyumbatan pori-pori serta mengatasi komedo. Cara pemakaiannya sangat mudah. Andalkan madu sebagai masker wajah, diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

4. Gunakan produk noncomedogenic

Di saat kulit cenderung mudah berkomedo, maka cermatlah dalam menggunakan produk kecantikan. Pilih skincare dan kosmetik dengan label noncomedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

5. Gunakan chemical exfoliant yang lembut

Eksfoliasi kimia adalah pilihan lainnya. Andalkan produk dengan kandungan salicylic acid, glycolic acid, yang lembut dan efektif mengangkat komedo dengan baik.

Benzoyl Peroxide hingga Retinol

ilustrasi kesalahan penggunaan serum/pexels
ilustrasi kesalahan penggunaan serum/pexels

6. Manfaatkan benzoyl peroxide

Kandungan klasik yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan penyumbat pori-pori. Namun formulanya cenderung keras, sehingga di saat menggunakan benzoyl peroksida, usahakan untuk mengimbanginya dengan produk-produk yang dapat melembapkan kulit.

7. Gunakan kandungan retinoid

Retinoid berasal dari vitamin A yang dapat mempercepat proses pergantian sel kulit. Hal ini tentu akan membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit sehngga kulit terbebas dari komedo.

8. Rutin gunakan masker clay

Masker clay dapat membersihkan pori-pori secara mendalam. Coba aplikasikan masker clay secara rutin, setidaknya 1 minggu tiga kali. Dengan langkah ini kulit akan semakin sehat dan bersih.

9. Exfoliating toner

Exfoliating toner juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan baik. Namun biasanya exfoliating toner bisa membuat kulit jadi kering. Jadi bisa kamu pemilik kulit kering dan sensitif, gunakan exfoliating secara berkala, diiringi pemakain hydrating toner secara rutin.

10. Gunakan retinol

Retinol memiliki khasiat yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga keremajaan kulit. Namun terkadaang retinol bisa membuat kulit jadi mudah teriritasi. Jadi, gunakan retinol secara tipis dan berkala agar kulit bisa beradaptasi dengan baik.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓