8 Cara yang Terbukti Dapat Mencegah Munculnya Keriput

Annissa Wulan24 Sep 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 18:00 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang salah dengan memiliki keriput, namun beberapa orang memilih untuk bisa mencegah kemunculannya selama mungkin. Ada beberapa gaya hidup yang bisa kamu lakukan untuk memperlambat kemunculan keriput.

Kulit akan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia karena produksi kolagen yang melambat. Proses ini diperburuk oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan kebiasaan gaya hidup tertentu.

Kulit akan menjadi lebih tipis dan lebih kering karena kehilangan kelembapan dan membuatnya lebih rentan terhadap keriput. Jangan lupa bahwa genetika juga berperan dengan bagaimana kulit menua, sering dikenal sebagai penuaan intrinsik.

Dilansir dari healthline.com, berikut ini adalah beberapa cara yang terbukti dapat mencegah keriput. Penasaran?

1. Melindungi diri dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit, yang pada akhirnya menyebabkan penuaan dini dan keriput. Menurut studi di tahun 2013, penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sangat penting untuk menerapkan tabir surya dengan spektrum antara 30 dan 50 setiap hari. Sebagai perlindungan ekstra, gunakan topi, pakaian berwarna terang, dan kacamata hitam.

2. Menggunakan retinoid

Retinoid adalah salah satu bahan anti penuaan yang paling banyak dipelajari. Terkadang disebut sebagai retinol, retinoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengencangkan kulit.

Retinoid juga mendorong regenerasi kulit dan pembuluh darah baru, yang dapat membantu memperbaiki penampilan keriput dan tekstur kulit secara keseluruhan. Untuk pemakaian pertama, gunakan dalam jumlah kecil untuk menguji toleransi kulit terhadap produk.

3. Melembapkan

Ilustrasi kecantikan
10 cara hilangkan komedo dengan baik. (Foto: Unsplash)

Pelembap bertindak seperti air untuk kulit. Pelembap membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

4. Tetap terhidrasi

Air penting untuk kesehatan tubuh. Selain fungsi vital seperti membuang racun dari tubuh, membantu pencernaan, dan mengatur suhu tubuh, air juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dari dalam.

5. Mengonsumsi makanan kaya vitamin

Makanan yang tinggi sifat anti inflamasi atau antioksidan juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi dari kerusakan kulit dan penuaan dini. Beberapa makanan dan minuman dengan kualitas tersebut adalah teh hijau, minyak zaitun, ikan salmon, alpukat, buah delima, biji rami, dan sayuran.

6. Tidur telentang

Mengatasi Jerawat dan Dark Spot
Ilustrasi Wajah Cantik Credit: pexels.com/pixabay

Menurut studi di tahun 2016, posisi tidur berpengaruh pada pembentukan keriput. Salah satu cara mencegahnya adalah tidur telentang, bukan miring atau tengkurap.

7. Jangan merokok

Asap rokok dapat merusak kolagen dan elastin, serat yang memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Selain itu, nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut yang mengurangi aliran darah ke kulit.

8. Melakukan peregangan wajah

Gerakan wajah yang berulang seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, atau mengerutkan bibir dapat mempercepat pembentukan keriput. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓