5 Bahan Alami yang Sering Menjadi Komposisi Produk Kecantikan

Imelda Rahma25 Sep 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 10:17 WIB
Bahan Alami

Sebagian besar produk kecantikan menggunakan berbagai bahan alami untuk masuk dalam komposisinya. Alasannya mudah, bahan alami dipercaya lebih aman dan juga berkhasiat untuk merawat dan memperbaiki kulit. Hal ini karena bahan alami memang memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk meremajakan kulit.

Selain kandungannya yang kaya manfaat, bahan alami juga dipilih karena memiliki tekstur dan bau yang khas sehingga aroma dari produk tersebut pun akan menjadi lebih familiar. Selain khas, aroma dari bahan alami juga biasanya bisa menjadi aromaterapi sehingga ketika menghirupnya kita juga merasa lebih rileks dan nyaman.

Menjadi penting untuk kamu tahu bahan alami apa saja yang biasa digunakan dalam produk kecantikan. Pasalnya, beberapa bahan alami itu nantinya dapat kamu racik sendiri di rumah untuk perawatan yang lebih alami dan higienis. Biasanya beberapa bahan alami tersebut dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 bahan alami yang sering menjadi komposisi produk kecantikan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Aloe Vera

Aloe Vera
Ilustrasi Aloe Vera Credit: unsplash.com/pisauikan

Bahan alami pertama yang sering menjadi komposisi produk kecantikan ialah liday buaya atau yang lebih dikenal dengan nama aloe vera. Aloe vera memang sering dimanfaatkan sebagai komposisi bahan dari produk kecantikan, contohnya untuk lotion, sabun cuci muka, hingga sampo.

Hal ini karena aloe vera mengandung sejumlah zat aktif, seperti vitamin B1, B2, B6, C, kolin, niasin amida, glikoprotein, enzim, senyawa fenolik, berbagai asam amino, fitokimia dan asam salisilat. Berdasar pada kandungan tersebut, aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu proses penyembuhan untuk kulit terbakar dan luka. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dapat melembapkan dan menenangkan kulit sensitf.

Charcoal

Charcoal
Ilustrasi Charcoal Credit: pexels.com/Dexter

Berikutnya, bahan alami kedua yang sering menjadi komposisi produk kecantikan ialah charcoal. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan bahan ini karena ada beberapa produk kecantikan yang secara khusus membuat series dalam satu produk yang berbahan dasar charcoal.

Charcoal merupakan bahan alami yang cocok untuk kamu yang ingin punya masalah kulit mudah berminyak. Kandungan karbon yang ada di dalamnya mampu menyerap minyak berlebih, yang akan mengurangi kilap pada wajah. Selain menyerao minyak, charcoal juga dapat menarik dan menyerap kotoran pada wajah.

Teh Hijau

Teh Hijau
Ilustrasi The Hijau Credit: pexels.com/Karolina

Selanjutnya, bahan alami lainnya yang juga sering menjadi komposisi produk kecantikan ialah teh hijau atau lebih terkenal dengan nama green tea. Teh hijau memang dikenal sejak dulu merupakan tanaman yang mengandung banyak khasiat, tidak heran jika teh hijau sering dijadikan bahan racikan untuk obat.

Dalam dunia kecantikan, kandungan teh hijau dapat bermanfaat dalam mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di area mata. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau. Zat antioksidan tersebut membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang menjadi penyebab timbulnya mata bengkak. Sedangkan vitamin K pada green tea juga membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.

Garam Himalaya

Garam Himalaya
Ilustrasi Garam Himalaya Credit: pexels.com/Monicore

Keempat, bahan alami yang juga sering dijadikan sebagai komposisi produk kecantikan ialah garam Himalaya. Himalayan salt atau garam Himalaya ini banyak ditemukan di Punjab, Pakistan. Garam berwarna merah muda ini kaya akan kandungan mineral dan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, zinc, dan masih banyak lagi. 

Dalam dunia kecantikan, garam Himalaya biasanya digunakan untuk scrub karena butirannya dapat membantu proses eksfoliasi dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kebanyakan, himalayan salt digunakan pada body scrub, lip scrub, face scrub, atau bath salt.

Jojoba Oil

Jojoba Oil
Ilustrasi Jojoba Oil Credit: pexels.com/Daria

Terakhir, bahan alami yang sering dijadikan komposisi produk kecantikan ialah jojoba oil. Jojoba oil atau ekstrak minyak dari tanaman jojoba memang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena jenis minyak yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, tembaga, dan juga zink.

Jadi, tidak mengherankan joka banyak produk perawatan kulit, tubuh, dan rambut yang menggunakan minyak ini sebagai salah satu kandungan ‘rahasia’ dalam pembuatan produk. Jojoba oil juga aman digunakan sebagai komposisi bahan untuk produk bayi dan anak-anak.

Lanjutkan Membaca ↓