6 Jenis Teh yang Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Vinsensia Dianawanti20 Okt 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 08:00 WIB
teh hitam black tea

Fimela.com, Jakarta Secangkir teh di pagi dan malam hari menjadi pembuka dan penutup hari yang sempurna. Kamu akan merasakan sensasi rileks setelah menyeruput teh hangat. Pikiran dan tubuhmu langsung terasa lebih tenang.

Selain untuk merangsang relaksasi pada tubuh, ternyata teh juga bermanfaat bagi pertumbuhan rambut. Seperti dilansir di Boldksy, pertumbuhan rambut menjadi isu sensitif bagi banyak orang. Semua mencoba produk dan perawatan yang berbeda untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan.

Rupanya teh telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai masalah kulit kepala dan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. Ada yang digunakan sebagai air bilasan atau dijadikan sebagai hair tonic.

Jenis teh apa sajakah yang bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut?

1. Teh hijau

Membilas rambut dengan teh hijau mampu mengembalikan kilau rambutmu. Teh hija sangat kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Ia pun bisa melepas stres pada rambut sehingga menyehatkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Katekin yang kuat pada teh hijau sangat membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Teh hitam

Salah satu penyebab rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang terhambat adalah hormon DHT. Kafein pada teh hitam secara efektif akan menghentikan DHT sehingga menyehatkan folikel rambut. Dengan demikian pertumbuhan rambut bisa terjadi lebih cepat.

 

3. Teh jahe

teh mint
ilustrasi teh mint/Image by congerdesign from Pixabay

Gingerol yang menjadi antioksidan pada jahe membantu melawan radikal bebas dan menjaga kulit kepala tetap segar dan sehat. Selain itu, jahe juga membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga ia merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

4. Teh peppertmint

Teh jenis ini adalah salah satu obat terbaik untuk rambut menipis. Mentol yang ada pada teh peppermint membantu mengatur sekresi minyak di kulit kepala sehingga mencegah penyumbatan folikel rambut. Selain itu, ia juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan merangsang folikel rambut.

5. Teh kembang sepatu

Dikenal sebagai hibiscus, teh kembang sepatu kaya akan vitamin C sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit kepala. Selain itu, ia mmebantu menenangkan kulit kepala dan menghilangkan masalah rambut lainnya, seperti ketombe dan kulit kepala gatal.

6. Teh rosemary

Sifat antioksidan dan anti inflamasi pada teh rosemary membantu menutrisi dan menenangkan kulit kepala serta mengatasi rambut rontok. Selain itu, teh rosemary juga merangsang sirkulasi darah di kulit kepala untuk memicu folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓