5 Cara Basmi Tuntas Ketombe Berkerak yang Ganggu Penampilan

Nabila Mecadinisa01 Okt 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 14:00 WIB
[Fimela] ketombe

ringkasan

  • Ketombe berkerak bisa disebabakan oleh banyak hal.
  • Mengatasi stres dengan baik serta merawat kebersihan kulit kepala bisa jadi cara terbaik untuk mengoptimalkan kondisinya.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketombe memang mampu turunkan rasa percaya diri. Apalagi jika ketombe tersebut parah hingga menimbulkan kerak yang terasa gatal. Biasanya, hal ini disebabkan oleh sejumlah hal. Ketombe berkerak terjadi karena Dermatitis seboroik, yang merupakan infeksi akibat jamur seboroik.

Psoriasis juga mampu menyebabkan ketombe berkerak yang menimbulkan sisik tebal di kulit. Atau ada juga Tinea Captitis yakni sebuah kondisi yang disebabkan oleh jamur, yang menyebabkan terkelupasnya kulit kepala. Lalu, bagaimana caara mengatasinya? 

Cara atasi ketombe berkerak

Ilustrasi meditasi | pexels.com
Ilustrasi meditasi | pexels.com

1. Hindari stres

Stres bisa menimbulkan psorasis yang menyebabkan timbulnya ketombe berkerak. Usahakan untuk hidup seimbangm tidur cukup, dan rajin olah raga agar stres bisa teratasi dengan baik.

2. Lakukan deep cleansing secara berkala

Sampo saja tidak cukup. Lakukan scrub kulit kepala sesekali untuk membantu membersihkan kulit kepala dengan baik. Selain menggunakan produk yang memang diformulasi khusus, kamu juga bisa mencampurkan gula ke dalam sampo, sehingga dapat bekerja sebagai scrub alami yang membantu tuntaskan ketombe dengan baik.

3. Jangan biarkan rambut dalam keadaan lembap

Ilustrasi hair dryer
Ilustrasi hair dryer. Sumber foto: unsplash.com/Element5 Digital.

Usahakan untuk selalu keringkan rambut dengan benar agar tidak membuat kulit kepala lembap dan menimbulkan jamur serta ketombe.

4. Hindari memakai topi atau helm terlalu lama

Penutup kepala menyebabkan kulit kepala lembat sehingga menjadi media efektif untuk tempat bertumbuhnya jamur penyebab ketombe berkerak.

5. Hindari mencuci rambut dengan air panas

Air panas mampu membuat kulit kepala jadi kering. Jadi, hindari mencuci rambut dengan air panas agar minyak alami di kulit tetap terjaga.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓