Kenali Kandungan Spot Treatment yang Ampuh Mengatasi Jerawat

Kezia Prasetya Christvidya20 Okt 2020, 19:35 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 19:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Kulit berjerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi kulit orang yang mulai memasuki usia remaja. Kulit yang memiliki jerawat, bisa membuat orang menjadi tidak percaya diri. Sehingga membutuhkan perawatan kulit yang ekstra, agar jerawa cepat sembuh dan mengering.

Untuk menyembuhkan jerawat, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit berupa spot treatment, yang memiliki beberapa kandungan bahan aktif, yang bisa membantu mempercepat keringnya jerawat tanpa meninggalkan bekas jerawat.

Kandungan aktif yang terdapat di dalam spot treatment seperti salicylic acid, benzoil peroksida, sulfur dan hydrocolloid patch. Yuk simak lebih lanjut manfaat dan cara kerja kandungan bahan aktif yang ada di dalam spot treatment, dilansir dari berbagai sumber:

 

Salicylic Acid

ilustrasi Kenali kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ RomarioIen/shutterstock
ilustrasi Kenali kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ RomarioIen/shutterstock

Salicylic acid merupakan kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat. Kandungan ini termasuk ke dalam jenis BHA, yang sering terdapat di dalam produk-produk spot treatment. Kandungan ini mudah diserap oleh pori-pori, sehingga bisa membantu membunuh bakteri atau jamur penyebab jerawat.

Kandungan yang satu ini juga bisa membantu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa nyeri pada jerawat, karena kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi, dengan molekulnya yang mudah larut di dalam minyak.

Spot treatment yang memiliki kandungan salicylic acid, memiliki tekstur gel atau lotion dengan konsentrasi 0,5 hingga 2 persen. Spot treatment yang memiliki kandungan ini, hanya boleh digunakan 1 hingga 2 kali saja pada bagian yang berjerawat. 

Benzoil Peroksida

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Lyashenko Egor/shutterstock
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Lyashenko Egor/shutterstock

Kandungan spot treatment yang selanjutnya benzoil peroksida. Kandungan ini ampuh mengatasi jerawat dan bisa membantu mengeringkan jerawat. Kandungan yang satu ini juga bisa membantu mengontrol minyak berlebih, membersihkan sel kulit mati dan membersihkan hingga pori-pori terdalam.

Spot treatment yang memiliki kandungan benzoil peroksida, memiliki tekstur gel dan krim dengan konsentrasi 2,5 hingga 10 persen, yang bisa digunakan 1 hingga 2 kali sehari pada bagian yang berjerawat, atau sesuai dengan resep khusus dari dokter kulit.

Kandungan ini tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan kulit yang kering, karena produk yang memiliki kandungan ini, bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, dan kandungannya bisa membuat jerawat lebih cepat kering.

Hydrocolloid Patch

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Pressmaster/shutterstock
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Pressmaster/shutterstock

Spot treatment hydrocolloid patch merupakan spot treatment yang berbentuk plester, yang memiliki tekstur gel dan lembut. Spot treatment ini digunakan untuk menutup jerawat, agar tidak terkontaminasi riasan, debu atau kotoran.

Produk yang satu ini berfungsi untuk menyerap nanah yang ada pada jerawat, sehingga jerawat mudah kering tanpa menimbulkan bekas jerawat. Produk ini juga tidak membuat kulit jerawat menjadi iritasi.

Plester jerawat ini bisa digunakan hingga 8 jam. Tetapi produk ini tidak bisa digunakan pada jerawat yang belum matang. Cara menggunakan cukuplah mudah, hanya perlu membersihkan wajah, lalu tempelkan plester diarea berjerawat.

Sulfur

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ANN PATCHANAN/shutterstock
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ANN PATCHANAN/shutterstock

Kandungan spot treatment yang selanjutnya yaitu sulfur. Kandungan ini ampuh mengatasi jerawat meradang yang menyebabkan kemerahan dan rasa nyeri di wajah. Kandungan ini merupakan mineral alami, yang sering digunakan pada produk-produk jerawat.

Sulfur memiliki sifat keratolytic yang bisa mempercepat jerawat kering, mengelupas kulit berjerawat, tanpa menyebabkan bekas jerawat di kulit. Kandungan ini juga bisa membantu membersihkan pori-pori dari debu, kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Spot treatment yang memiliki kandungan sulfur, biasanya memiliki tekstur gel, lotion dn krim dengan konsentrasi 3 hingga 10 persen. Produk yang memiliki kandungan sulfur bisa digunakan 2 hingga 3 kali dalam sehari. 

Lanjutkan Membaca ↓