Selamat Tinggal Kulit Kusam, Ini Rahasia Perawatan Kulit Biar Glowing Menawan

Nabila Mecadinisa21 Okt 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 21 Okt 2020, 19:00 WIB
Perawatan wajah kusam

Fimela.com, Jakarta Para perempuan pasti ingin memiliki kulit glowing bebas kusam. Tapi apa daya, aktivitas padat, gaya hidup, serta faktor lingkungan kerap berkontribusi pada kecantikan kulit, sehingga membuat kulit kusam.

Tapi, tahukah kamu jika memiliki kulit gloiwng bukanlah hal yang mustahil. Pada dasarnya kulit selalu beregenerasi sehingga perlahan lapisan terluar kulit akan berganti dengan sel kulit baru.

Lalu, bagaimana perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk atasi kulit kusam? Simak langkahnya berikut ini.

1. Rutin eksfoliasi

Eksfoliasi kulit sangatlah pentiing dilakukan. Untuk mengoptimalkan kondisi kulit, lakukan eksfoliasi secara rutin. Pahami jenis eksfoliasi yang ingin dilakukan. Fisik atau kimiawi. Dua cara ini mampu mengatas kulit kusam agar perlahan kembali prima.

Untuk eksfoliasi fisik, kamu bisa mengandalkan scrub dengan butiran halus. Namu, jika ingin menggunakan eksfoliasi kimiawi, maka maksimalkan dengan penggunaan sejumlah acid sesuai kebutuhan kulit. Lactid Acid, Glycolic Acid, Salicylic Acid, dan beberapa rekomendasi lainnya mampu atasi kulit kusam dengan baik.

2. Gunakan retinol

skincare-kezo
ilustrasi Kandungan Bahan Aktif Skincare pada Serum yang Bisa Menghidrasi Kulit/paulynn/shutterstock

2. Gunakan retinol

Retinol adalah kandungan yang dapat membantu regenerasi kulit dengan optimal. Namun penggunaan retinol cenderung membuat kulit jadi lebih sensitif. Jadi, pastikan untuk gunakan di malam hari, dan lindungi kulit dengan sunscreen keesokan harinya.

3. Sunscreen

Sedangkan sunscreen adalah kunci dari kulit yang sehat. Aplikasikan sunscreen secara rutin dan konsisten. Sunscreen mampu lindungi kulit dari agresi sinar UV penyebab kulit kusam dan penuaan dini. Jadi, usahakan untuk gunakan setiap hari.

4. Jaga kelembapan kulit

Ilustrasi kecantikan
Jaga kelembapan kulit agar terbebas dari kusam.

Kelembapan kulit tentu harus terjaga agar kulit semakin paripurna. Gunakan pelembap dan penuhi asupan cairan dari dalam tubuh untuk memaksimalkan kelembapan kulit dengan baik. Setidaknya konsumsi air putih 8 gelas setiap hari.

5. Gunakan brightening serum

Jangan lupa untuk gunakan serum pencerah wajah seperti serum dengan kandungan vitamin c, alpha arbutin, dan lain sebagainya. Cara ini dapat membantu menjaga kulit agar senantiasa cerah dan bebas kusam.

Dengan lima langkah di atas, maka kulit glowing idaman bisa terwujud dengan baik.

 

 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓