Kenali 5 Kandungan Bahan Aktif untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Kezia Prasetya Christvidya21 Okt 2020, 16:35 WIB
Diperbarui 21 Okt 2020, 16:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Memiliki pori-pori yang besar adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Karena pori-pori bisa membuka dan menutup dengan sendirinya. Pori-pori wajah yang besar bukanlah sebuah masalah yang serius, hanya saja membuat perempuan menjadi tidak percaya diri.

Ketika pori-pori membesar, bisa saja disebabkan karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, produksi minyak yang terlalu banyak, dan komedo yang bisa memicu munculnya jerawat di wajah.

Pori-pori besar ini dapat diatasi menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit. Tetapi yang harus diperhatikan adalah kandungan bahan aktif yang ada di dalam produk tersebut. Agar tidak salah beli, yuk simak artikel berikut ini tentang 5 kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah, dilansir dari berbagai sumber:

Alpha Hydroxy Acid

ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/puhhha/shutterstock
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/puhhha/shutterstock

Kandungan bahan aktif yang pertama adalah Alpha Hydroxy Acid atau yang disingkat dengan AHA. Bahan aktif ini memiliki sifat asam, yang sangat baik digunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Kandungan AHA memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mengangkat sisa-sisa kotoran atau riasan di wajah, mengontrol minyak berlebih dan membantu mencegah jerawat timbul di kulit.

Produk yang memiliki kandungan AHA adalah produk toner. Karena kandungan AHA ini bersifat asam, sehingga harus hati-hati saat menggunakan pada kulit yang sensitif, karena bisa menyebabkan iritasi ringan dan wajah kemerahan.

Beta Hydroxy Acid

ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/GP PIXSTOCK/shutterstock
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/GP PIXSTOCK/shutterstock

Hampir sama dengan AHA, kandungan bahan aktif Beta Hydroxy Acid atau yang disingkat dengan BHA, memiliki sifat asam dan sebagai eksfoliator.

Kandungan BHA ini dapat larut di dalam minyak, sehingga bisa membantu memecahkan minyak di dalam pori-pori, dan membuat pori-pori tambak lebih mengecil.

Kandungan BHA juga bisa membantu menghilangkan komedo hitam, mengangkat sel kulit mati, mempercepat regenerasi kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat dan bisa membuat kulit lebih cerah.

Niacinamide

ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/RomarioIen/shutterstock
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/RomarioIen/shutterstock

Kandungan bahan aktif yang selanjutnya adalah niacinamide yang merupakan turunan dari vitamin B3. Kandungan niacinamide ini mudah ditemukan pada produk toner dan serum, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

Kandungan niacinamide juga bisa membantu mencerahkan wajah, menghilangkan kerutan di wajah, mengontrol produksi minyak di wajah, meningkatkan kelembapan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Kalau produksi minyak di kulit lebih terkontrol, maka pori-pori tidak akan mudah tersumbat minyak, terbebas dari komedo hitam maupun komedo putih, hingga mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

Retinoid

ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/Jacob Lund/shutterstock
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/Jacob Lund/shutterstock

Retinoid merupakan kandungan bahan aktif yang sering terdapat di dalam toner dan serum. Selain bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah, retinoid juga bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Sehingga produk yang memiliki kandungan retinoid sangat populer di kalangan perempuan yang memiliki kulit berjerawat.

Kandungan retinoid juga bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih, membantu mengembalikan elastisitas kulit, mencegah keriput di kulit, mempercepat regenerasi sel kulit dan mencerahkan wajah.

Tetapi kandungan retinoid ini, kurang baik jika digunakan pada kulit wajah yang cenderung sensitif. Produk dengan kandungan retinoid hanya boleh digunakan seminggu 3 kali saja pada malam hari.

Hyaluronic Acid

ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/aslysun/shutterstock
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/aslysun/shutterstock

Kandungan bahan aktif yang terakhir adalah hyaluronic acid, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori, mencegah penuaan dini dan aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering yang cenderung sensitif.

Kandungan hyaluronic acid ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, dan bisa membantu mengontrol produksi minyak, karena kandungan ini bisa membantu meningkatkan dan menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga memecah minyak yang menyumbat di dalam pori-pori.

Kandungan hyaluronic acid juga bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, yang membuat kulit wajah lebih elastis, tidak mudah keriput, mencerahkan wajah sertia menenangkan kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Lanjutkan Membaca ↓