Punya Kulit Berminyak, Hindari Hal Berikut Agar Kulit Bebas Masalah

Nabila Mecadinisa22 Okt 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 15:30 WIB
Ilustrasi Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak memang baik. Namun jika kadar produksi minyak berlebih, tentu bisa membuat tampilan kulit jadi kusam, dan memicu timbulnya masalah kulit lainnya seperti komedo, dan jerawat.

Untuk mengatasi kulit berminyak, tentu kita harus pahami penyebabnya dan cara mengatasinya. Lalu, apa saja sih hal yang harus dhindari oleh kulit berminyak agar bebas dari masalah kulit lainnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Air Panas

Air panas mampu mengikis minyak alami pada kulit sehingga menyebabkan kulit jadi kering. Saat kulit kering, maka kulit juga kerap membproduksi minyak berlebih dan membuat kulit berminyak, terlihat kusam dan tidak seimbang. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengoptimalkan kondisi kulit dengan membersihkan wajah dengan menggunakan air bersuhu ruang yang aman bagi kulit.

2. Menggunakan pembersih wajah yang terlalu keras

Ilustrasi Membersihkan Wajah
Simak cara terbaik untuk atasi kulit berminyak agar senantiasa sehat dan bebas kilap.

Pilih pembersih wajah dengan formula lembut di kulit. Ingatlah jika kandungan yang terlalu keras atau mengandung detergen bisa menjadikan kulit semakin kering dan mudah teriritasi. Hal ini yang membuat kulit jadi lebih berminyak dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

3. Menggunakan kandungan skincare yang mengandung alkohol

Bagi kulit berminyak, usahakan untuk hidrasi kulit agar keseimbangan lebih terjaga. Sedangkan kandungan alkohol justru bisa membuat kulit kering dan semakin berminyak. Jadi, usahakan untuk menghindari kandungan alkohol bagi kulit berminyak.

4. Hindari kandungan skincare yang dapat menimbulkan komedo

Produk kecantikan
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Selalu pastikan untuk cek label kandungan skincare atau kosmetik yang digunakan. Pilih yang diformulasikan bebas non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan kulit semakin berminyak.

5. Tidak lakukan eksfoliasi berlebih

Eksfoliasi berlebih mampu menjadikan kulit semakin berminyak dan terirtasi. Jadi, usahakan untuk tidak eksfoliasi kulit secara berlebih agar keseimbangan kulit tetap terjaga.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓