5 Cara Mengatasi Maskne yang Muncul saat Pandemi

Kezia Prasetya Christvidya22 Okt 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 17:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Adanya pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau dan mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker, untuk memutuskan penyebaran virus corona melalui udara.

Karena harus menggunakan masker seharian, banyak orang mengalami maskne atau mask acne, yang disebabkan karena terlalu sering menggunakan masker. Masker yang digunakan akan bergesekan dengan kulit, selain itu menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

Kondisi maskne ini paling sering dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung sensitif. Maskne juga bisa disebabkan karena kulit alergi dengan bahan masker yang digunakan, berikut cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi, dilansir dari berbagai sumber:

Gunakan Masker yang Berbahan Lembut

ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Roman Samborskyi/shutterstock
ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Roman Samborskyi/shutterstock

Karena adanya pandemi, masker wajib digunakan setiap hari. Untuk mencegah terjadinya maskne, pilihlah masker yang memiliki bahan yang lembut, seperti kain katun dengan 3 lapisan, yang bisa membantu menyerap keringat dan tidak menyebabkan iritasi di kulit.

Kain katun dengan 3 lapisan juga bisa membantu mencegah penyebaran virus corona, dan tidak menyebabkan kelembapan udara di area wajah. Sehingga masker dengan kain katun 3 lapis ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kuit berminyak cenderung sensitif.

Untuk mengatasi maskne, kamu juga bisa mengganti masker setiap 4 jam sekali atau sehari 1 kali, untuk membantu mencegah penyebaran virus corona, mengurangi kotoran yang menempel di wajah dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Jangan Menggunakan Makeup Berat

ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Dragana Gordic/shutterstock
ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Dragana Gordic/shutterstock

Cara mengatasi maskne yang selanjutnya, yaitu jangan menggunakan makeup terlalu tebal di wajah. Karena penggunaan makeup tebal seperti foundation, bisa meningkatkan produksi minyak di wajah, yang bisa menyumbat pori-pori wajah, membuat wajah yang tertutup masker menjadi mudah berkeringat dan memicu munculnya jerawat.

Untuk mengatasi maskne, gunakan makeup seminimal mungkin, seperti bedak untuk membantu mengurangi produksi minyak. Tetapi jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik hindari penggunaan complexion.

Agar wajah tetap cantik dan terlihat lebih segar, gunakan riasan pada bagian area mata, dengan menggunakan warna-warni eyeshadow sesuai dengan warna outfit harianmu.

Gunakan Skincare Pagi dan Siang

ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/ANN PATCHANAN/shutterstock
ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/ANN PATCHANAN/shutterstock

Sebelum beraktifitas, gunakan basic skincare setiap pagi hari, seperti toner, serum, pelembap, dan yang paling penting adalah penggunakan sunscreen.

Penggunaan basic skincare ini bisa membantu mengatasi maskne, membantu mengontrol produksi minyak berlebih, melindungi skin barierr dari gesekan masker dan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Karena menggunakan masker bisa menyebabkan wajah lebih berkeringat, aplikasikan kembali basic skincare pada siang hari, dengan mencuci wajah terlebih dahulu, untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel di masker. Jangan lupa juga untuk mengganti masker.

Mengurangi Penggunaan Produk Eksfoliasi

ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Maridav/shutterstock
ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/Maridav/shutterstock

Cara mengatasi maskne yang selanjutnya, dengan mengurangi penggunaan produk eksfoliasi, yang memiliki kandungan bahan aktif yang keras, yang bisa membuat kulit lebih menipis.

Sebenarnya produk eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi penggunaan masker setiap hari, membuat kulit wajah menjadi sering bergesekan dengan masker, merusak lapisan kulit dan membuat wajah menjadi mudah berjerawat.

Kalau ingin menggunakan produk eksfoliasi, gunakan facial scrub atau toner eksfoliasi seminggu sekali saja, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak atau kotoran.

Gunakan Skincare yang Berfungsi untuk Menghidrasi Kulit

ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/metamorworks/shutterstock
ilustrasi cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi/metamorworks/shutterstock

Cara mengatasi maskne yang muncul pada saat pandemi yang terakhir, yaitu dengan menggunakan skincare pada malam hari. Saat menggunakan skincare malam, pilihlah produk skincare yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Skincare yang bisa membantu menghidrasi kulit adalah skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan membantu menjaga kadar air di dalam kulit.

Tahapan skincare malam yang harus digunakan adalah double cleansing, toner hidrasi, serum hidrasi, pelembap dan juga sleeping mask.

Lanjutkan Membaca ↓