Sukses

Beauty

4 Cara Merawat Milia di Wajah agar Tidak Semakin Menyebar

Fimela.com, Jakarta Milia merupakan benjolan berwarna putih yang muncul pada bagian area mata, hidung atau dahi. Milia memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak sakit jika disentuh. Namun, milia bisa mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Milia dapat muncul pada semua usia. Milia bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di dalam pori-pori, yang menyerupai bentuk komedo. Milia juga bisa muncul karena pola hidup yang kurang baik.

Sebenarnya milia hanya dapat dihilangkan dengan tindaka dokter seperti laser. Tetapi milia dapat dirawat menggunakan produk perawatan kulit, agar tidak tumbuh menjadi lebih banyak dan menyebar keseluruh area wajah. Berikut cara merawat milia di wajah agar tidak semakin menyebar:

 

Cara Merawat Milia di Wajah

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Milia bisa saja disebabkan karena kondisi wajah kotor, akibat terlalu sering menggunakan riasan yang tebal, yang tidak komedogenic dan menyebabkan kondisi wajah menjadi lebih berminyak. Milia juga disebabkan karena pori-pori tersumbat debu atau kotoran. Sehingga agar milia tidak menyebar terlalu banyak, bersihkan wajahmu dengan cara menggunakan teknik double cleansing.

Langkah pertama bersihkan riasanmu dengan menggunakan milk cleanser, cleansing oil, micellar water atau cleansing oil. Hindari penggunaan cleansing yang memiliki kandungan alkohol atau parfum. Setelah itu lanjutkan membersihkan wajah dengan facial wash, yang memiliki tekstur gel, krim atau foam, agar wajah menjadi lebih lembut dan minyak lebih terkontrol di kulit wajah.

2. Mengeksfoliasi Wajah

Melakukan eksfoliasi wajah, bisa membantu menghambat penyebaran milia diarea wajah. Karena melakukan eksfoliasi bisa membantu membersihkan wajah hingga pori-pori terdalam. Mengeksfoliasi wajah bisa membantu membersihkan minyak, sisa riasan, debu atau kotoran, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo dan mencegah timbulnya jerawat.

Eksfoliasi wajah dilakukan setelah wajah dibersihkan menggunakan teknik double cleansing. Mengeksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan menggunakan toner atau serum yang memiliki kandungan AHA, BHA, retinol atau niacinamide. Untuk kondisi kulit yang sensitif, lakukan eksfoliasi wajah seminggu maksimal 3 kali saja. Lalu lakukan eksfoliasi dengan teknik menuangkan pada kapas atau telapak tangan, lalu usapkan ke wajah dengan ditepuk pelan.

Cara Merawat Milia di Wajah

3. Menggunakan Pelembap

Milia dapat dirawat menggunakan pelembap wajah, agar milia tidak menyebar ke seluruh wajah. Pelembap memiliki fungsi untuk mengontrol minyak berlebih, melembapkan kulit, menutrisi kulit wajah dan membantu mencerahkan wajah. Pelembap yang dapat digunakan untuk merawat milia, yaitu pelembap yang memiliki tekstur ringan, mudah menyerap, non comedogenic, dan memiliki kandungan hyaluronic acid.

Usahakan untuk tidak menggunakan pelembap yang mengandung alkohol dan parfum. Karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan kering. Pelembap yang baik digunakan untuk merawat milia adalah pelembap yang berbentuk lotion ataau gel.

4. Menggunakan Sunscreen

Milia bisa juga disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk merawat kulit wajah agar tidak terpapar sinar matahari, gunakan sunscreen mineral atau sunscreen chemical dengan SPF minimal 30. Sunscreen yang baik digunakan adalah sunscreen yang tidak terlalu banyak mengandung minyak, tidak mengandung alkohol, tidak mengandung parfum, non comedogenic, dengan tekstur krim. Selain membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan merawat milia, sunscreen bisa membantu melembapkan kulit, menjaga kadar air di kulit dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading