Perawatan Kulit Paling Mudah Dilakukan untuk Mengatasi Kulit Beruntusan

Annissa Wulan26 Okt 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 18:30 WIB
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Pressmaster/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Kulit beruntusan merupakan salah satu tantangan paling umum yang dihadapi oleh banyak orang, apakah kamu salah satunya? Kulit beruntusan bukan kondisi kulit yang menyenangkan.

Tekstur kulit yang tidak merata tentu menghalangimu memiliki penampilan yang sempurna. Dilansir dari cosmopolitan.com, berikut ini adalah perawatan kulit paling mudah untuk mengatasi kulit beruntusan, penasaran?

Perawatan kulit di pagi hari

1. Mencuci muka

Mencuci muka adalah tahapan perawatan kulit yang penting untuk tidak dilewatkan, terutama bagi pemilik kulit beruntusan. Hindari produk pembersih wajah khusus untuk wajah jerawatan, karena sebagian besar produknya mengandung bahan yang terlalu keras dan mengeringkan.

Sebaliknya, gunakan produk yang lembut dan bebas sulfat. Produk yang dapat melarutkan minyak berlebih, kotoran, dan bakteri, tanpa mengelupas kulit dan membuatnya terasa terlalu kencang dan teriritasi.

2. Melembapkan

Kulit beruntusan membutuhkan kelembapan. Tanpa kelembapan, kelenjar minyak bekerja berlebihan dan menghasilkan lebih banyak sebum untuk mengimbanginya, menyebabkan pori-pori tersumbat, dan kulit menjadi terlalu berminyak.

Jagalah keseimbangan kulit dengan produk pelembap bebas minyak yang ringan. Pilih kandungan pelembap, seperti asam hialuronat, gliserin, dan ceramide.

3. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar UV dapat membuat kondisi kulit lebih buruk. Pastikan gunakan produk tabir surya dengan spektrum SPF 30 atau lebih dan nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.

 

Perawatan kulit di malam hari

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Lyashenko Egor/shutterstock
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/Lyashenko Egor/shutterstock

1. Mencuci muka

Penting untuk selalu mencuci muka sebelum tidur dengan produk yang tepat. Jika kamu memakai riasan yang tebal, lakukan pembersihan ganda. Ini akan jauh lebih efektif, daripada hanya mencuci muka saja.

2. Perawatan jerawat

Perawatan jerawat di sini maksudnya adalah serum atau gel dengan bahan aktif seperti adapalene, asam salisilat, benzoyl peroxide, dan niacinamide. Cara terbaik untuk melakukan rutinitas ini adalah mulailah secara perlahan.

3. Melembapkan

Tunggu beberapa menit setelah mengaplikasikan produk perawatan jerawat untuk melapisinya dengan pelembap. Penting untuk tidak mencampur terlalu banyak bahan aktif yang justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by