L’Oréal Indonesia Memberdayakan Perempuan untuk Hadapi Dunia Lewat Pelatihan Kecantikan

Nabila Mecadinisa28 Okt 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 20:00 WIB
L’Oréal Indonesia

Fimela.com, Jakarta L’Oréal Indonesia berkomitmen penuh untuk membangun dunia yang lebih baik, tak hanya terhadap lingkungan, namun juga masyarakat. Seperti yang diumumkana oleh L’Oréal Indonesia melalui konferensi pers virtualnya, disebutkan jika komitmennya terus berkembang untuk masa mendatang.

Melalui program Beauty Survivors program, Beauty For Better Life (BFBL), maka sejumlah cerita datang dari para perempan hebat yang bertahan hidup mengalahkan tantangan dengan mengandalkan keahlian mereka di dunia kecantikannya.

Umesh Phadke, President Director of L’Oréal Indonesia menyampaikan: “DiL’Oréal, kami memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia. Hal inilahyang terus menjadi pengingat kami bahwa apapun yang kami lakukan harus memberikan dampak yangberarti. Kami ingin terus membangun masa depan L’Oréal sebagai perusahaan yang berperforma tinggi,berkomitmen, bertanggung jawab, inklusif, dan terus mendukung masyarakat. Kami bukan hanyaperusahaan multinasional, tetapi kami adalah perusahaan yang berakar kuat di Indonesia.

Oleh karena itu,kami ingin memberikan keahlian dan keterampilan kami kepada komunitas dan memberdayakan wanitauntuk memiliki kehidupan yang lebih baik – semangat inilah yang kami bawa dalam nama program ini, BeautyFor a Better Life”Lebih lanjut Umesh menjelaskan bahwa implementasi program Beauty For a Better Life berdasar padakeyakinan bahwa kecantikan dapat membantu mereka yang rentan dan tengah bergelut dalam keadaaanyang sulit, menjadikan mereka merasa dan hidup lebih baik.

Program ini menyediakan pelatihan gratis tata rambut dan tata rias profesional yang berkualitas tinggi. “Bahkan ketika seseorang tengah menghadapi keadaan yang sulit, kami percaya bahwa kecantikan dapat memberikan mereka harapan. Program inimemberikan keahlian dalam bidang kecantikan kepada wanita dari latar belakang kurang beruntung yang kemudian dapat memampukan mereka untuk menggunakan keahlian tersebut dan menjalankan bisnismereka sendiri. Dengan adanya pelatihan keterampilan ini, kami berharap mereka bisa mendapatkan kembali motivasi, kepercayaan diri dan integrasi profesional dalam posisi mereka di masyarakat.” 

 

Menggandeng beberapa mitra

L’Oréal Indonesia
Nani Zulminarni, Pendiri & Direktur, Yayasan PEKKA ( Kiri atas) , Melanie Masriel, Direktur Komunikasi, Hubungan Publik & Keberlanjutan, L’Oréal Indonesia (Kanan atas), Ni Made Novita Wedayanti sebagai pelatih BFBL dari Lombok (Kiri bawah), Maemunah sebagai alumni BFBL Tata Rambut dari Cianjur.

Program ini diluncurkan pada 2014, dan terselenggara berkat kerjasama dengan mitraNGO yakni Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan CSR Jababeka. Program ini ditujukan untuk mengedukasi para perempuan Indonesia yang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan, atau hidup dalam situsi slit untuk dapatkan sertifkasi di bidang kecantikan.

Tujuannya untuk memberi kesempatak kerja bagi para lulusannya, sehingga modul pelatihan program ini dirancang untuk beradaptasi dengan budaya dan kecantikan lokal. Menurut survei Profil Perempuan Indonesia 2019 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan BPS (Badan Pusat Statistik), persentase penduduk perempuanberumur 15 tahun ke atas yang bekerja adalah 49,15 persen, di mana persentase ‘mengurus rumah tanggasebagai kegiatan utama’ adalah 36,67 persen.

Berbicara dalam acara media tersebut, Ibu Agustina Erni, Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menyatakan: “L'Oréal Beauty Fora Better Life merupakan kegiatan penting untuk masyarakat, terutama di masa pandemi ini. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) separuh dari penduduk Indonesia merupakan perempuan, dan 50% dari perempuan tersebut berada di usia produktif. Perempuan memiliki potensi tinggi untuk berperan dalam kemajuan ekonomi. Sebagai contoh, 50% Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2014-2018 dimiliki perempuan.

Sangat disayangkan bahwa tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan hanyalah 51,5%. Komitmen yang dijalankan L'Oréal ini sejalan dengan usaha kami dalam meningkatkan tingkat partisipasi perempuan dalam angkatan kerja yang merupakan target kami dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2024 harus meningkat ke angka 55%. Program Beauty For a Better Life merupakan solusi bagi perempuan kurang mampu untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada L'Oréal atas usahanya dalam memberikan program pembekalan di bilang kecantikan.

Saya berharap L'Oréal terus berkomitmen dalam memberikan ide-ideinovatif dan menjadi contoh bagi pihak lain untuk bersama-sama mendukung pembangunan bangsaIndonesia, terutama pemberdayaan perempuan.”Program Beauty For a Better Life merupakan bagian dari komitmen L’Oréal untuk memberdayakanekosistem bisnisnya dengan senantiasa mendukung sejumlah komunitas untuk mendapatkan akses kepekerjaan.

 

 

Membangun masyarakat

L’Oréal Indonesia
Beauty For a Better Life 2 : Tantri Moerdopo, Pembawa Acara Koferensi Pers Beauty For a Better Life (Kiri Atas), Melanie Masriel, Direktur Komunikasi, Hubungan Publik & Keberlanjutan, L’Oréal Indonesia (Tengah atas), Nani Zulminarni, Pendiri & Direktur, Yayasan PEKKA (Kanan atas)

“Kami terus memantau perkembangan dan manfaat program ini melalui rangkaian survei dan penilaian. Tahun ini, kami bekerja sama dengan lembaga survei independen JAKPAT dalam sebuah surveisosial yang melaporkan: 89% mengakui program BFBL berkontribusi dalam peningkatan taraf kehidupannya;86% mendapatkan keterampilan baru; 87% mendapatkan pengalaman baru dan kursus yang memuaskan; 71%telah mampu menabung dari penghasilannya; dan 99% dari responden akan merekomendasikan program inike kerabat dan keluarga mereka,” kata Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainability Director, L’Oréal Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk secara signifikan meningkatkan peran dan dampak positif kami dengan membuka lebih banyak pusat pelatihan di masa depan, untuk membantu melahirkan lebih banyak lagi beauty survivors yang menginspirasi perempuan Indonesia untuk terus maju, menjalani kehidupan yang lebih baik dan bermakna.”“Pelatihan L’Oréal Beauty For a Better Life bekerjasama dengan PEKKA benar-benar telah mengubah hiduppara peserta pelatihan dan alumni. Program ini tidak hanya membantu para peserta dalam aspek ekonomi melalui pengembangan keterampilan dan jaringan, tapi juga telah membantu untuk mempertajam sensitivitas mereka dalam membantu sesama melalui program potong rambut gratis untuk masyarakat kurang mampu. Selain itu, program Beauty For a Better Life membantu mengangkat statusPEKKA di mata masyarakat yang mengakui dampak positif yang diberikan PEKKA bagi masyarakat luas

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓