5 Manfaat Centella Asiatica untuk Menjaga Lapisan Kulit

Kezia Prasetya Christvidya28 Okt 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 16:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Dunia kecantikan semakin berkembang di era modern ini, sehingga semakin banyak kandungan bahan aktif yang digunakan dalam pembuatan produk skincare, seperti centella asiatica yang merupakan kandungan skincare dari ekstrak daun pegagan.

Baru-baru ini kandungan centella asiatica manjadi sangat populer, banyak digemari dan digunakan para perempuan untuk merawat kulit. Kandungan centella asiatica ini terdapat di dalam toner, serum dan pelembap yang baik digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Centella asiatica memiliki kandungan antioksidan seperti terkandung saponin, flavonoid, phenolic acid dan terpenoid. Berikut manfaat centella asiatica yang bisa menjaga lapisan kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Menjaga Kelembapan Kulit

ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/ShotPrime Studio/shutterstock
ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/ShotPrime Studio/shutterstock

Produk skincare yang memiliki kandungan centella asiatica, banyak digemari oleh perempuan yang memiliki jenis kulit kering, karena kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah.

Centella asiatica mengandung saponin yang bisa membantu mengontrol produksi minyak, menjaga elastisitas kulit, menjaga kadar air di dalam kulit dan membantu mencegah kulit kusam serta keriput.

Pemilik kulit kering biasanya mengalami kesusahan pada saat mengaplikan makeup. Menggunakan produk centella asiatica sebelum menggunakan makeup, bisa membuat makeup lebih menempel pada kulit yang kering dan makeup tahan lebih lama.

Mencegah Peradangan

ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Kerdkanno/shutterstock
ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Kerdkanno/shutterstock

Produk dengan ekstrak daun pegagan ini juga cocok digunakan untuk kulit berjerawat, kulit sensitif dan alergi. Karena centella asiatica bermanfaat untuk mencegah peradangan pada kulit.

Sifat antiinflamasi dalam centella asiatica, bisa membantu meredakan kulit yang iritasi, mengurangi kemerahan, mengeringkan jerawat, menutrisi kulit yang pecah-pecah dan menghambat pertumbuhan bakteri atau kuman penyebab peradangan.

Tidak hanya jerawat saja, produk centella asiatica juga bisa membantu mencegah penyakit eksim, dermatitis, psoriasis dan scleroderma. Tetapi untuk mengobati penyakit kulit tersebut, jangan lupa untuk mengkonsultasikan kepada dokter kulit terlebih dahulu.

Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Tinatin/shutterstock
ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Tinatin/shutterstock

Centella asiatica memiliki sifat antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel kulit, yang menjadi penyebab tanda-tanda penuaan dini pada kulit, serta membantu mencegah kanker kulit.

Antioksidan seperti flavonoid dan phenolic acid, bisa melindungi lapisan kulit, mengurangi keriput, menjaga elastisitas kulit, menyamarkan flek hitam dan menjaga kadar air di dalam kulit.

Antioksidan dalam centella asiatica juga bisa membantu menjaga kulit dari paparan sinar matahari, debu dan polusi udara yang menyebabkan lapisan kulit rusak. Karena kandungan ini bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Mempercepat Penyembuhan Luka

ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/metamorworks/shutterstock
ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/metamorworks/shutterstock

Dari zaman dahulu daun pegagan adalah tanaman herbal, yang dipercaya dapat mengobati luka, mengeringkan luka dan membantu menyembuhkan penyakit tertentu. Sehingga produk yang memiliki kandungan ekstrak centella asiatica ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka.

Di dalam centella asiatica terdapat terpenoid, yang membantu proses penyembuhan luka di kulit, seperti luka akibat luka bakar atau luka akibat goresan. Zat aktif yang ada dalam centella asiatica ini, membantu memproduksi kolagen dan mempercepat pertumbuhan sel kulit yang baru.

Pada orang yang memiliki diabetes, cenderung memiliki luka yang lumayan susah untuk disembuhkan, ekstrak centella asiatica ini juga bisa membantu membantu mempercepat pemulihan luka akibat diabetes, serta memulihkan luka jahit setelah operasi tanpa menyebabkan keloid.

Mengurangi Selulit

ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Butsaya/shutterstock
ilustrasi Manfaat centella asiatica untuk menjaga lapisan kulit/Butsaya/shutterstock

Manfaat centella asiatica yang terakhir adalah membantu mengurangi selulit di kulit. Selulit merupakan rusaknya kedua jaringan kulit akibat peregangan, yang memunculkan garis-garis pada kulit dan bisa mengganggu penampilan.

Selulit yang ada pada kulit ini disebabkan karena kehamilan, obesitas, masa pubertas, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, salah melakukan gerakan olahraga, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Walaupun centella asiatica dipercaya bisa membantu mengurangi selulit di kulit, tetapi kandungan ini lebih baik dihindari untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui, karena kandungan ini belum diuji secara klinis keamanannya untuk ibu hamil atau menyusui.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by