Mengenal Perbedaan Eye Cream, Eye Gel dan Eye Serum untuk Menjaga Kulit Area Mata

Kezia Prasetya Christvidya28 Okt 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 17:45 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Mata panda atau kantong mata yang membesar dan menggelap, merupakan kondisi normal yang terjadi seiring bertambahnya usia. Sebenarnya memiliki mata panda tidak membahayakan, tetapi mengganggu penampilan sebagian besar orang.

Kantong mata bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti terlalu sering begadang, faktor keturunan, alergi, faktor usia, pola makan dan lain sebagainya.

Kantong mata tidak dapat dihilangkan secara permanen, tetapi kantong mata dapat dirawat dengan baik, agar warna gelap tersamarkan, kerutan di kantong mata berkurang, mengurangi tanda penuaan dini di area mata dan lain sebagainya.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk merawat kantong mata. Sahabat Fimela bisa menggunakan produk perawatan mata seperti eye cream, eye gel, eye serum dan eye mask. Yuk kenali perbedaan fungsi dan kandungan dari keempat jenis produk yang bisa merawat kantong mata tersebut, dilansir dari berbagai sumber:

Eye Cream

ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/B-D-S Piotr Marcinski/shutterstock
ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/B-D-S Piotr Marcinski/shutterstock

Produk yang bisa merawat kantong mata yang pertama adalah eye cream. Produk eye cream atau krim mata ini, memiliki fungsi dan manfaat yang bisa membantu melembapkan area mata, termasuk kantong mata yang mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Karena eye cream memiliki kandungan retinol, vitamin C, vitamin K, kafein dan peptide. Kandungan ini bisa membantu menghidrasi, meningkatkan elastisitas kulit mata, mencerahkan kantong mata dan sebagai antioksidan.

Kandungan peptide yang terdapat di dalam eye cream, membantu meningkatkan kolagen alami di dalam kulit mata. Eye cream memiliki tekstur krim yang lebih kental, tetapi ringan jika digunakan dan mudah meresap ke dalam kulit.

Eye Gel

ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Tinatin/shutterstock
ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Tinatin/shutterstock

Eye gel adalah produk yang bisa merawat kantong mata, yang memiliki jenis kulit cenderung kering dan banyak kerutan. Karena fungsi eye gel bisa membantu menghidrasi kulit yang kering.

Sebenarnya kandungan yang terdapat di dalam eye gel hampir sama dengan eye cream, yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin K dan mineral. Tetapi yang menjadi pembeda adalah konsentrasi kandungan di dalam eye gel lebih banyak mengandung air.

Eye gel memiliki tekstur gel yang ringan, cair dan mudah meresap ke dalam kulit. Sehingga produk eye gel ini lebih cocok digunakan pada pagi hari, karena bisa membantu membuat makeup lebih menempel di area kantong mata.

Eye Serum

ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Kamil Macniak/shutterstock
ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Kamil Macniak/shutterstock

Eye serum merupakan produk yang bisa membantu merawat kantong mata. Produk eye serum ini sangat cocok digunakan untuk yang berusia lebih dari 20 tahun, karena eye serum berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini di area kantong mata.

Eye serum memiliki kandungan retinol dan vitamin C yang lebih banyak daripada eye cream atau eye gel. Eye serum ini dijadikan vitamin tambahan dan antioksidan untuk kulit area mata, sehingga lebih efektif untuk melawan kerutan dan mencerahkan kantong mata yang menggelap.

Eye serum memiliki kandungan hyaluronic acid yang bisa melembapkan kulit kantong mata, menambah elastisitas kulit dan meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Produk eye serum memiliki tekstur yang lebih cair daripada eye gel dan mudah meresap.

Eye Mask

ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Victorias Beauty Photo/shutterstock
ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Victorias Beauty Photo/shutterstock

Eye mask atau eye patch merupakan produk yang bisa merawat kantong mata. Produk ini memiliki bentuk seperti bulan sabit, yang sesuai dengan area kantong mata. Berbeda dengan produk perawatan kantong mata yang lainnya, eye mask ini merupakan sheet mask sekali pakai yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Eye mask memiliki 2 jenis yang dibedakan berdasarkan bahannya, yaitu eye mask dari hydrogel dan eye mask dari fabric. Eye mask yang terbuat dari hydrogel, memiliki kandungan bahan aktif, tanpa adanya tambahan essence. Eye mask ini mudah merekat di kulit mata.

Sedangkan eye mask dari fabric, menggunakan tambahan essence yang bisa memeresap ke dalam kulit, untuk membantu menghidrasi area kantong mata dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Lanjutkan Membaca ↓